Indonesia Masuk 10 Besar Negara Teraman di Dunia

Manado, Sulutlink.com – Kondisi keamanan di Indonesia termasuk pada daftar negara yang aman. Menurut Lembaga riset internasional Gallup’s Law and Order merilis laporan bertajuk Law and Order Index yang berisikan daftar negara teraman, dari yang skor tinggi hingga yang terendah di dunia. Hasil riset mengambil responden 148 ribu orang dewasa dari berbagai negara yang berbeda yang dilakukan melalui wawancara. Dari hasil laporan Gallup’s Law and Order seperti yang diberitakan Kompas.com pada Minggu (17/6/2018), tercatat Indonesia menempati deretan ke-9 negara teraman di dunia, dengan skor 89, sementara posisi pertama ditempati Singapura dengan skor 97.

Adapun pertanyaan yang disajikan dalam interview untuk riset ini di antaranya seberapa besar tingkat kepercayaan masyarakat terhadap polisi lokal, apakah merasa aman saat bepergian sendiri pada malam hari, pernahkah mengalami pencurian, dan pernahkah diserang maupun dirampok dalam setahun terakhir.

Hasil riset ini mengukur seberapa besar kepercayaan masyarakat di sebuah negara terhadap tingkat keamanan dan penegak hukum mereka sendiri. Bisa disebut, bahwa semakin aman sebuah negara, implikasinya pun akan positif. Terutama untuk pengembangan kehidupan sosial dan kegiatan ekonomi ke depannya.

Berikut daftar 10 negara teraman versi Gallup’s Law and Order tahun 2018:

  1. Singapura (skor 97)
  2. Norwegia (skor 93)
  3. Islandia (skor 93)
  4. Finlandia (skor 93)
  5. Uzbekistan (skor 91)
  6. Hong Kong (skor 91)
  7. Swiss (skor 90)
  8. Kanada (skor 90)
  9. Indonesia (skor 89)
  10. Denmark (skor 88)

Ada total 142 negara dalam daftar negara dengan tingkat keamanan tertentu menurut laporan Gallup’s Law and Order 2018. Keamanan negara dan dampaknya pada kehidupan. Sementara negara Asia Tenggara lainnya yang menempati daftar 20 besar teraman adalah Filipina mendapat skor 82, Kamboja skor 80 dan Thailand skor 80. Sedangkan 3 negara peringkat terendah adalah Sudan Selatan (skor 54), Afganistan (skor 45), dan Venezuela (skor 44). (ds/kc)

You must be logged in to post a comment Login