Ingin Jadi Miliarder? Ini 9 Cara mendapatkannya

Miliarder Termuda DuniaTahun 70-an ketika orang memiliki uang jutaan rupiah, kita sudah menganggap orang kaya. Bagaimana sekarang? Belanja jutaan rupiah hanya untuk membeli kebutuhan dasar masyarakat.

Menjadi tantangan bagi generasi muda sekarang adalah bagaimana kita bisa mencapai kehidupan yang lebih baik dan mempertahankan kehidupan yang baik tersebut? Rahasianya sangat sederhana-mulai apa adanya dan mulai berkembang. Tapi, masalahnya adalah manusia ingin mendapatkannya dengan mudah, seperti mendapat hadiah judi, atau mendapatkan uang banyak seperti koruptor.

Kita hidup di dunia yang nyata bukan berfantasi seperti fiksi novel.  Mari kita lihat 9 cara untuk mendapatkan uang di dunia yang nyata seperti yang ditulis oleh Steve Tobak di media Enterpreneur.

  1. Mulai dengan nol dan di lingkungan masyarakat yang keras. Kebanyakan orang yang sukses mulai dengan nol dan berjuang keras setiap hari untuk mendapatkannya. Pendiri Starbucks Howard Schultz dan CEO Goldman Sachs, Lloyd Blankfein hidup dan dibesarkan di lingkungan yang berat. Kompetisi dan kehidupan yang berat akan menciptakan pemimpin yang tangguh.
  2. Bekerja di bidang yang anda sukai atau sesuai hobi anda. Steve Jobs, salah satu pendiri perusahaan Apple: hanya satu cara untuk melakukan pekerjaan yang besar yaitu mencintai apa yang anda lakukan. Kalau anda belum mendapatkannya, tetap cari. Kalau sudah mendapatkannya, uang akan mengikutinya.
  3. Ikuti jejak Silikon Valley. Industri teknologi tinggi telah menciptakan jutaan orang kaya.
  4. Miliki Bisnis Sendiri dan hidup seperti biksu. Dua per tiga milioner Amerika adalah punya usaha sendiri. Sebagian besar pemilik usaha kecil, biaya hidup mereka lebih kecil dari pendapatan mereka, mereka investasikan uang mereka, dan tidak pernah menerima warisan.
  5. Mengambil resiko, membuat kesalahan dan memiliki kepercayaan diri. Kebanyakan orang adalah mengambil resiko yang ceroboh yang mereka tahu mereka seharusnya tidak melakukannya. Tapi ambil resiko yang cermat dan masuk akal. Orang yang tidak mengambil resiko akan lebih sering hilang kesempatan. Tidak ada orang yang terdepan dengan hanya berada di zona aman.
  6. Hindari hidup yang hanya ikut dari belakang dan buat pengorbanan yang banyak. Marissa Mayer, Yahoo CEO adalah orang yang serius dan bekerja keras setiap minggu. Demikian juga dengan Elon Musk, menjalankan dua perusahaan tanpa banyak delegasi, juga Steve Jobs menjalankan perusahaan Apple dan Pixar.
  7. Ciptakan Keberuntungan sendiri. Dikatakan bahwa keberuntungan adalah ketika kesempatan datang. Hal itu benar tapi lebih beruntung lagi kalau kita tidak pernah berhenti untuk mendapatkan kesempatan. Jadi jangan hanya bicara saja tapi lakukan dan buat jaringan dengan orang nyata dalam dunia yang nyata.
  8. Jangan Cerai. Salah satu penyebab utama yang menghancurkan kekayaan adalah perceraian. Coba kita pikirkan, setiap kali kita cerai, harta harus dibagi. Perceraian jalan menuju kepada kemiskinan. Itu sebabnya hanya orang miskin atau orang kaya sekali yang sanggup untuk melakukan perceraian. Kalau anda bukan miskin atau kaya sekali, berpikir kembali untuk cerai.
  9. Diversifikasi. Simpan atau investasikan dana anda dengan cermat dan lakukan diversifikasi. Kalau anda gagal dalam satu industri, anda tidak akan gagal total jika anda melakukan diversifikasi investasi anda.

editor: Denny Sondakh

You must be logged in to post a comment Login