Ini Klarifikasi KPU Provinsi Sulut

Provinsi, Sulutlink.com – Menjawab pemberitaan media terkait pernyataan Ketua Komisi I DPRD Sulut Ferdinand Mewengkang edisi Rabu, 7/8 antara lain, ‘belum adanya kejelasan pelantikan pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati, Elly Engelbertt Lasut/Moktar Arunde;

Ketua KPU Sulut, Memberikan klarifikasi terkait pernyataan ketua Komisi I DPRD Sulut Drs. Ferdinand Mewengkang yang dimuat di media edisi Rabu (7/8-2019) terkait  belum adanya kejelasan pelantikan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Talaud  terpilih Elly Engelbert Lasut – Moktar Arunde Parapaga.

Mewengkang mempertanyakan kinerja KPU yang telah menetapkan pasangan tersebut namun justru dianggap masih terbentur masalah administrasi sehingga proses pelantikan hingga saat ini belum terlaksana. Hal tersebut menurut Mewengkang merupakan kesalahan penyelenggara yakni KPU;

Menanggapi hal tersebut Ardiles memaparkan tiga hal penting yang harus diketahui masyarakat khususnya apa yang telah dilaksanakan KPUD sebagai penyelenggara Pilkada di daerah terlebih khusus di Kabupaten Talaud.

Tiga poin penting tersebut disampaikan Ardiles melalui pesan Whatsapp kepada sejumlah wartawan saat dikonfirmasi, Rabu (7/8-2019).

Berikut, beberapa kutipan klarifikasi dan pernyataan lengkap ketua KPUD Sulut DR. Ardiles Mewoh, S.I.P, M.Si;

Penilaian bahwa KPU sudah melakukan tugas dengan benar adalah melalui kerangka hukum pemilu yang sudah tersedia, apakah Bawaslu, DKPP, TUN, MK, atau atasan pejabat TUN dlm hal ini KPU RI.

Dalam rangka akuntabilitas dan transparansi, bagi publik yg memiliki kebutuhan informasi terkait kinerja KPU dan dokumen-dokumen pemilu maupun pemilihan kepala daerah disilahkan mengirim surat permohonan informasi dan/atau mendatangi langsung kantor-kantor KPU yang ada melalui layanan PPID.

Kami bersedia diundang oleh DPRD jika dibutuhkan untuk memberikan penjelasan resmi terkait Pilkada Talaud 2018 lalu, supay pihak DPRD juga tidak missinformasi dan memahami konstruksi hukum pelaksanaan pilkada Talaud secara komprehensif. (*)

Redaksi2Supit August 8 2019

You must be logged in to post a comment Login