Ini Rumah Ibadah yang Luput dari Pengamanan Ibadah Tahun Baru, Tapi Tetap Aman

Manado, Sulutlink.com – Pasca terror bom yang menyasar Rumah Ibadah di luar Sulawesi Utara beberapa tahun silam, dan memang sudah kebiasaan warga Sulut yang hidup berdampingan dan saling menjaga, biasanya setiap Rumah Ibadah mendapatkan penjagaan dari aparat keamanan. Khususnya Gereja-Gereja yang sementara melaksanaan Ibadah, baik Ibadah Natal dan Ibadah Pisah Sambut Tahun Baru.

Sulut sendiri dikenal dengan daerah yang paling menghormati toleransi antarumat beragama. Kerap, kegiatan Ibadah Umat Kristen, baik Hari Natal dan Tahun Baru, dibantu dijaga oleh Umat Islam dan aparat keamanan (baik dari kepolisian, TNI maupun satuan pengaman gereja maupun warga gereja). Demikian sebaliknya jika Umat Islam beribadah Idul Fitri dan hari besar agama lainnya, dibantu pengamanan oleh umat Kristen.

Nah, hari ini (31/12) menjelang pergantian Tahun dari 2018 ke 2019, ada banyak Gereja di Kota Manado dan di seluruh Wilayah Sulut yang melaksanakan Ibadah Pisah Sambut Tahun. Namun, beberapa Gereja luput dari penjagaan aparat atau tidak dijaga aparat tapi tetap aman, termasuk perihal kelancaran lalu lintas di sekitar Rumah Ibadah. Sore hari, Pihak Kepolisian baru saja melakukan Apel Pengamanan Tahun Baru dengan melibatkan lebih dari 739 Personil di Halaman Polda Sulut.

Usut punya usut, Gereja-Gereja ini adalah Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) yang memang berbeda dengan Gereja denominasi lainnya, dalam memaknai dan mempercayai pergantian hari berdasar Kitab Suci Alkitab, yakni petang dan pagi. Jadi Hari baru dihitung setelah Maghrib setiap harinya. Pergantian Hari, bukanlah Tepat Jam 12.00 malam, namun setelah matahari masuk, biasanya sore atau maghrib atau sekitar Jam 6 petang.

Jadi karena Tahun Baru 2019 dipastikan mulai Senin (31/12) sore, maka Ibadah Pisah Sambut Tahun digulir mulai pukul 4 atau 5 sore, sementara Gereja denominasi lainnya tentu melaksanakan ibadah jelang Jam 11 atau Jam 12 tengah malam. “Pihak Kepolisian tidak tahu kalau Advent Ibadah Pisah Sambut Tahun pada petang hari”, ujar Ketua GMAHK Jemaat Ranotana Manado, Roldy A. Mailangkay, SH., M.Si. Sekretaris Pria Advent Kota Manado (PAKM), yang juga ASN Teladan Tingkat Provinsi Sulawesi itu, sangat bersyukur kegiatan ibadah berlangsung aman, lancar dan sukses. “Semoga kerukunan dan kedamaian selalu terjaga”, ungkap Jane Pailah, salah satu anggota di Gereja itu.

You must be logged in to post a comment Login