Inilah 10 Universitas Terbaik Dunia Versi QS World Periode 2018-2019

Sulutlink.com. QS World University Ranking telah merilis pemeringkatan universitas terbaik dunia untuk tahun 2018-2019. Pemeringkatan ini menampilkan 1.000 universitas terbaik dunia di 85 negara, berdasarkan metodologi yang menilai setiap universitas pada enam indikator penting. QS World University Ranking menggunakan 6 indikator dalam pemeringkatan yaitu: Reputasi Akademik, Reputasi Lulusan, Rasio Fakultas dan Mahasiswa, Kutipan Jurnal Ilmiah, Fakultas Internasional dan Mahasiswa Internasional. Berikut 10 universitas terbaik dunia versi QS World:

10. UCL (University College London) Turun tiga peringkat dari tahun lalu namun tetap termasuk 10 terbaik dunia, UCL di Inggris mendapatkan skor terbaik untuk indikator Reputasi Akademik dan juga mencapai skor yang baik untuk proporsi Mahasiswa Internasional menjadikannya UCL salah satu universitas terbaik tahun ini. 5 program studi UCL masuk dalam 10 program studi terbaik di dunia, diantaranya untuk bidang Kedokteran Gigi, Geografi, Kedokteran, Psikologi dan Farmasi/Farmakologi.

09. University of Chicago. Universitas Chicago Amerika Serikat mempertahankan posisi ke 9 di dunia tahun 2019 dengan skor tertinggi untuk Reputasinya Akademik. Lima tahun berturut-turut, universitas ini selalu masuk dalam 10 besar universitas terbaik dunia. Peringkat ini mengantarkan universitas ini masuk dalam 5 prodi terbaik mereka untuk bidang Akuntansi Keuangan, Antropologi, Sosiologi, Ekonomi dan Bahasa Inggris.

08. Imperial College London. Imperial College London menduduki peringkat 8 di dunia tahun ini dan menjadi universitas peringkat pertama di London. Seperti UCL, Imperial College London memperoleh nilai baik untuk indikator Mahasiswa Internasional.

Imperial Imperial College London sangat menonjol dalam bidang sains dan teknologi. Di QS World University Rankings versi tahun ini berdasarkan program studi, universitas ini masuk dalam 10 universitas terbaik dunia untuk bidang Teknik dan Teknologi serta Ilmu Alam dan Lingkungan.

07. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology). ETH Zurich menjadi universitas berperingkat tertinggi di benua Eropa dan naik 3 peringkat tahun ini. Universitas ini memperoleh nilai tertinggi Kutipan Jurnal Akademik menjadi tolak ukuran dampak penelitian yang dilakukan. ETH Zurich di QS World University Rankings, memperoleh peringkat pertama di dunia untuk prodi Ilmu Bumi  dan kelautan.

06. University of Cambridge. University of Cambridge turun satu peringkat tahun ini namun masih memperoleh skor lebih tinggi daripada pesaing utamanya University of Oxford untuk nilai terbaik Reputasi Akademik dan Reputasi Lulusan. Universitas terbaik Inggris ini memiliki 6 prodi unggulan diantaranya Seni dan Humaniora, Ilmu Biologi, Kedokteran Klinis, Humaniora dan Ilmu Sosial, Ilmu Fisika, dan Teknologi.

05. University of Oxford. Hasil tahun 2018 – 2019, Oxford mengalahkan Cambridge dan naik satu tempat ke peringkat 5 di dunia dan menjadi peringkat pertama di Inggris. Universitas ini memiliki skor 10 terbaik  untuk Reputasi Akademik, Lulusan dan juga Rasio Fakultas dan Mahasiswa. 4 Prodi unggulan Universitas Oxford yaitu Humaniora, Matematika, Fisika, dan Ilmu Medis. Universitas ini menempati peringkat nomor satu di dunia untuk pengobatan.

04. California Institute of Technology (Caltech). Caltech mempertahankan posisinya dalam urutan keempat tahun ini. Universitas ini mendapatkan nilai paling baik dalam Rasio mahasiswa dan Fakultas, serta mengalahkan MIT dalam Kutipan Jurnal Ilmiah.  Caltech memiliki reputasi yang tidak diragukan lagi untuk prodi Teknik dan juga Teknologi. 03. Harvard University Universitas Harvard secara konsisten masuk dalam jajaran 5 terbaik dunia. Meski masuk dalam peringkat ke 3 tahun ini, universitas ini masih memegang indikator terbaik pertama di dunia untuk Reputasi Lulusan maupun akademik. Universitas ini memperoleh peringkat tertinggi untuk prodi Akutansi dan Keuangan, Ilmu Hukum, Bisnis dan Manajemen, Psikologi dan Ilmu Politik. Banyak para lulusan universitas ini meraih beragam penghargaan dunia seperti Nobel, Pulitzer atau Academy Awards.

02. Stanford University. Stanford merupakan salah satu kampus universitas terbesar di Amerika Serikat dan mempertahankan posisi terbaik mereka sebagai kampus riset untuk Pascasarjana Bisnis, Ilmu Bumi, Ilmu Energi dan Lingkungan, Pascasarjana Pendidikan, Teknik; Humaniora, Hukum dan Imu Kedokteran.

01. Massachusetts Institute of Technology (MIT). MIT tampaknya belum terkalahkan sebagai universitas berperingkat tertinggi di dunia dan selalu memegang posisi teratas untuk rekor 7 tahun berturut-turut. MIT mendapat skor Reputasi Akademik terbaik ke 3 di dunia dan Reputasi Lulusan terbaik ke 4 dunia. Inovasi, riset dan teknologi menjadi nilai utama dari universitas ini dengan 5 prodi unggulan Arsitektur dan Perencanaan, Teknik, Humaniora dan Seni, Ilmu sosial dan Manajemen serta Sains. (sumber:kompas.com)

You must be logged in to post a comment Login