Inilah 21 Nama Calon Komisioner OJK Hasil Seleksi Terakhir Pansel

BI-ojkSulutlink.com – Jakarta, Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dipimpin ketuanya Sri Mulyani Indrawati menyampaikan 21 nama calon anggota Dewan OJK periode 2017-2022 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/3/2017) siang.

Dalam keterangannya persnya, Ketua Pansel OJK Sri Mulyani Indrawati mengemukakan, sejak pembukaan pendaftaran 18 Januari sampai 2 Februari lalu, Pansel telah menerima 882 jumlah lamaran. Namun yang betul-betul menutup dan memenuhi sampai dengan masa pendaftaran adalah 174 calon anggota.

“Dari 174 ini kemudian masuk pada seleksi tahap pertama, yaitu dari kelengkapan administrasi, yakni yang memenuhi berbagai macam administrasi dari mulai ijazah, maupun kesehatan, surat dokter, surat kelakuan baik, dan lain-lain, sehingga tersisa 107 kandidat,” terang Sri Mulyani

Dari 174 itu. Pansel  mendapatkan jumlah untuk masuk dalam tahap selanjutnya yaitu 107 kandidat, yaitu mereka yang telah memenuhi persyaratan administrasi. Kemudian sesudah tahap pertama, para calon memasuki tahap kedua, yaitu yang berisi tes atau saringan berdasarkan pada penilaian masarakat dan masukan masyarakat, rekam jejak, masukan dari instansi-instansi yang memiliki otoritas seperti PPATK, KPK, Mahkamah Agung, OJK sendiri, Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak, dan juga dari makalah, serta rekam jejak dari yang bersangkutan selama mereka berkarir atau bekerja, apakah itu dari industri, dari akademisi dan lain-lain.

“Pada tahap inilah kemudian kita mendapatkan 35 calon yang lulus dari anggota DK OJK untuk masuk ke tahap yang ketiga,” papar Sri Mulyani, yang sehari-hari menjabat sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) Kabinet Kerja.

Kepada 35 calon yang lulus yang diumumkan pada tanggal 25 Februari 2017, lanjut Sri Mulyani, kemudian melalui tahap assessment center dan pemeriksaan kesehatan, yaitu seleksi tahap ketiga.  Dari dua assessment center dan pemeriksaan kesehatan ini dari 35 yang lolos adalah 30 kandidat.

Dari 30 itulah, pada hari ini Pansel menyampaikan Bapak Presiden, sesuai dengan mandat Undang-Undang, yaitu 21 nama, 3 (tiga) nama untuk masing-masing  posisi, yaitu:

  1. Posisi dari sisi calon ketua yang juga merangkap anggota tiga nama: Sigit Pramono, Wimboh Santoso, Zulkifli Zaini;
  2. Calon wakil ketua dan juga merangkap sebagai ketua komite etik dan merangkap anggota: Riswinandi, Agus Santoso, Etty Retno Wulandari.
  3. Calon kepala eksekutif pengawas perbankan, yang merangkap anggota: Heru Krystiana, Agusman, Dwityapoetra Soeyasa Besar;
  4. Calon eksekutif pengawas pasar modal dan merangkap anggota: Nurhaida, Arif Baharudin, Freddy R. Saragih;
  5. Calon kepala eksekutif untuk pengawasan perasuransian-dana pensiun- lembaga pembiayaan dan lembaga jasa keuangan lainnya: Edy Setiadi, Hoesen, Adi Budiarso.
  6. Calon ketua Dewan Audit dan merangkap anggota: Haryono Umar, Ahmad Hidayat, Maliki Heru Santoso, dan
  7. Calon anggota yang membidangi bidang edukasi dan perlindungan konsumen: Tirta Segara, Firmanzah, dan Yohanes Santoso Wibowo.

Kami ingin menyampaikan bahwa seluruh proses Panitia Seleksi ini dilakukan secara penuh oleh seluruh anggota Pansel,  yang mereka semuanya berpartisipasi secara sangat penuh, aktif, terbuka, dan kita saling memberikan masukan untuk betul-betul mencari calon Dewan Komisioner OJK yang tentu diharapkan bisa memimpin Dewan Komisioner OJK untuk periode 2017 tahun 2022.

“Bapak Presiden nanti akan memilih dari 21 nama,  14 nama yang akan disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat, untuk kemudian dilakukan uji proper dan tes oleh Dewan Perwakilan Rakyat,” jelas Sri Mulyani Indrawati. (red/ smb.DNA/JAY/ES)

You must be logged in to post a comment Login