Inilah Tiga Program Kemenpar Untuk Kejar 17 Juta Wisman Tahun 2018

Jakarta, Sulutlink.com. Kementerian Pariwisata RI ingin mengejar target wisatawan manca negara (wisman) sejumlah 17 juta. Untuk mencapai target ini, menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Kemenpar akan melakukan tiga program terobosan, yaitu insentif kepada airlines/wholesaler, Hot Deals Visit Wonderful Indonesia, dan Competing Destination Model (CDM).

Sekarang ini, dengan jumlah wisman rata-rata sebesar 1,25 juta per bulan, ini berarti Indonesia hanya bisa mencapai 15 juta wisman sepanjang tahun 2018 ini. Untuk itu, perlu ada tambahan 2 juta wisman untuk mencapai target 17 juta wisman di tahun 2018.

“Untuk mendapatkan tambahan 2 juta wisman, kita melakukan tiga program terobosan merketing khusus dengan memberikan insentif kepada Airlines/Wholesaler, Hot Deals Visit Wonderful Indonesia, dan CDM (Competing Destination Model),” kata Menpar Arief Yahya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II, 2018 yang mengangkat tema “Raih Target 2018: 17 Juta Wisatawan mancanegara” di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kantor Kemenpar, Kamis (26/07).

Dari segi jumlah wisman, walaupun Indonesia mengalami lonjakan wisman yang cukup menonjol, tapi masih tertinggal dari negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia. Menurut data World Bank, tahun 2016 sendiri, Thailand dikunjungi wisman 32,5 juta dan Malaysia 26,7 juta. (ds)

 

You must be logged in to post a comment Login