INOVASI PENGEMBAGAN WISATA SEJARAH TUGU JEPANG

Karya Tulis: JESSICA MANINGKUE

PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG
Pengembangan industri pariwisata adalah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdangangan melaui penjualan barang dan jasa kepada wisatawan.

Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia.

Berdasarkan data dari kantor imigrasi kota, bulan januari sampai dengan bulan juli 2018, jumlah turis manca negara yang berkunjung ke manado sudah mencapai 75.000 sebagian besar berasal dari cina (sekitar 70-80%).

Dari tahun ke tahun, khususnya sejak tahun 2015-2017, arus kunjungan wisatawan manca negara terjadi lonjakan yang sangat signifikan. Sampai pertangahan tahun 2018 saja, angka turis manca negara sudah mencapai 75.000, diperkirakan angka ini akan terus bertambah sampai akhir tahun.

Untuk itu dalam rangka mengembangkan pariwisata yang ada di sulawasi utara terlebih khusus wisata sejarah Tugu Jepang yang merupakan peninggalan perang dunia ke II yang terletak di Kelurahan Tanjung Merah, Kecamatan Matuari di perlukan berbagai inovasi atau ide-ide baru agar tempat wisata bersejarah ini dapat berkembang dan menjadi wisata sejarah yang ramah lingkungan dan tertata rapih sehigga wisatawan yang datang berwisata di Tugu Jepang ini bisa merasa nyaman dan betah.

Di Tugu Jepang ini pengujung bisa melihat sebuah batu besar yang diduduki di atas sebuah tugu semen tingginya sekitar 2 meter. Didalam batu tersebut bertuliskan kata dalam huruf kanji. Makna tulisan tersebut menggambarkan semangat pejuang Bushido yang berjuang tampa pamrih, gugur dalam sunyi, mencari keindahan dalam pengorbanan. Sebab untuk tentara jepang saat itu maut tidak ada artinya demi sebuah kehormatan.

Monumen ini di bangun pada tahun 1987 atas prakarsa dari Veteran tentara jepang yang selamat dari perang dasyat saat itu.

Selain tugu di sebelah kiri juga ada satu batu bentuknya seperti monumen kecil atau terlihat seperti pusara yang juga di tulis menggunakan huruf kanji.

1.2. RUMUSAN MASALAH
A. Apa Pengertian Inovasi dan Pengenbangan Pariwisata
B. Inovasi apa saja yang di perlukan untuk mengembangkan Wisata SejaraTugu Jepang

1.3. TUJUAN
A. Membuat tempat wisata sejarah Tugu Jepang menjadi tempat wisata yang lebih bagus lagi dari sebelumnya sehigga wisatawan merasa nyaman.
B. Membuat wisata sejarah Tugu Jepang menjadi wisata yang berkualitas dan tak kalah dengan wisata yang ada di Luar Negeri.

PEMBAHASAN

2.1. PENGERTIAN INOVASI DAN PENGEMBANGAN PARIWISATA
Inovasi merupakan sebuah ide ataupun gagasan baru yang belum pernah ada ataupun di terbitkan sebelumnya. Sebuah inovasi biasanya berisi terobosa-terobosan baru mengenai sebuah hal yang di teliti oleh sang inovator (orang yang membuat inovasi). Inovasi biasanya sengaja di buat oleh sang inovator melalui berbagai macam aksi ataupun penelitian yang terencana.
Sedangkan pengembangan pariwisata menurut Swarbrooke merupakan suatu rangkaian upaya untuk mewujudkan keterpaduan dalam penggunaan berbagai sumber daya pariwisata dan mengintegrasikan segala bentuk aspek di luar pariwisata yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung akan kelangsungan pengembangan pariwisata.

2.2. INOVASI UNTUK PENGEMBANGAN WISATA TUGU JEPANG
Tugu Jepang ini selain kita bisa melihat makam dari salah satu tentara jepang yang gugur pada Perang Dunia Ke II kita juga bisa melihat pemandangan yang begitu indah yang berhadapan langsung denga Selat Lembeh dan Gunung Dua Sudara.

Walaupun pemandangan di tempat wisata ini begitu indah sehingga menarik banyak wisatawan, namun wisata ini juga masih memerlukan inovasi seperti;
Kurangnya lahan untuk tempat parkir. Sehingga membuat wisatawan hawatir untuk meninggalkan kendaraan mereka.

Pintu masuk tempat wisata ini juga terlihat sudah rapuh dan kotor bahkan tulisan kata dalam huruf kanji yang ada di sebelah kanan pintu masuk ini juga terlihat sudah tidak terawat sehigga sudah mulai hancur.

Diharapkan juga pengelolah dari tempat wisata ini bisa lebih memperhatikan kebersihan tangga yang di lewati wisatawan untuk bisa sampai di tugu jepang ini, bahkan karna kurangnya perhatian dari si pengelolah sehingga sudah banyak lumut yang tumbuh di sekitaran tangga tersebut dan membuat tangga tersebut menjadi licin sehingga dapat membahayakan pengunjung yang datang ke wisata sejarah tugu jepang ini.

Selain itu juga ada beberapa pengunjung yang usil dan suka mencoret-coret tugu dengan menggunakan spidol dan alat tulis lainnya. Untuk itu dihrapkan agar pengelolah dari tempat wisata ini bisa membuat tanda larangan untuk mencoret-coret tugu agar pengunjung tidak mencoret-coret tugu dengan sembarangan.
Dan yang terakhir yaitu tempat sampah, karna tidak adanya tempat sampah yang di sediakan oleh pengelolah wiisata tersebut maka banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan sehingga membuat tempat wisata ini menjadi wisata yang tidak ramah lingkungan.

Pintu Masuk
Tangga menuju ke Tugu Jepang
Tangga menuju ke Tugu Jepang
Tugu Jepang
Tempat Parkir

PENUTUP

3.1. KESIMPULAN
Dengan adanya inovasi ini diharapkan bisa membuat wisata sejarah Tugu Jepang menjadi wisata yang layak nyaman untuk dikunjungi dan juga bisa lebih banyak menarik wisatawan untuk berkunjung ke wisata tugu jepang ini.

3.2. SARAN
Sebaiknya pengelola dari wisata Tugu Jepang ini lebih memperhatikan dan mengutamakan kebersihan di wisata Tugu Jepang ini dan menambah vasilitas yang lebih memadai untuk mengembangkan wisata dari Tugu Jepang sendiri.

You must be logged in to post a comment Login