Istri Kapolri Dan Gubernur Sulut Sisir Angkat Sampah di Bibir Pantai Teluk Manado

Manado,Sulutlink.com- Aksi peduli lingkungan ditunjukan oleh istri Kapolri Ny. Tri Suswati Tito Karnavian dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Wanita Selam Indonesia (WASI) bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Kapolda Sulut, Sabtu (23/2/2019) secara bersama melibatkan diri menyusur pantai dan muara DAS untuk mengangkut sampah yang diatas air yang berada dibibir pantai Manado.

Kegiatan yang bertajuk Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 dengan tema “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai” dengan sub tema “Bersih Sampah di Laut Untuk Kenyamanan Masyarakat” diperingati di Sulut dengan melakukan kerja bakti massal dan melibatkan SKPD, TNI/Polri, BUMN dan masyarakat Kota Manado.

Gerakan bersih-bersih pantai dan muara Daerah Aliran Sungai (DAS) ini, diarahkan pada lima titik sasaran rawan sampah seperti di pantai sekitar muara DAS Tondano, Malalayang, Bahu, Sario dan pulau Bunaken.

Sampah-sampah organik yang berserakan di atas air, maupun yang ada dipermukaan kawasan Megamas diangkat oleh peserta dan kemudian dikumpulkan dan diangkut dengan mobil sampah untuk dibuang di TPA Sumompo.

Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, HPSN adalah salah satu agenda penting dalam mensosialisasikan pengelolaan sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Gubernur menyesalkan usia UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah telah lebih dari sepuluh tahun, namun nyatanya persoalan sampah masih menjadi masalah serius di Sulut bahkan nasional.

Menurutnya, Presiden Jokowi telah menerbitkan Pepres Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (Jakstranas), sebagai dasar pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi dari hulu ke hilir, dengan target pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sebesar 70 persen di tahun 2025 nanti.

Dia juga menyinggung, akan upaya Pemerintah membangun TPA Regional di Ilo Ilo Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara dengan luasan 50 hektar, bertujuan agar pengelolahan sampah dapat ditangani secara optimal.

Peringatan HPSN 2019 di Sulut dihadiri juga oleh jajaran Forkopimda Sulut, Sekprov Sulut Edwin Silangen, SE, MS, Anggota DPRD Sulut dan para pejabat Pemprov Sulut.(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login