Jangan Terpaku Satu Kemungkinan

Oleh : Bert Toar Polii

Selatan memilih buka 1NT ketimbang 1♥️. karena dengan buka 1NT ia bisa memberitahukan secara lebih gamblang poin dan distribusi.
Pembukaan 1NT dari Selatan berarti distribusi balance dengan poin 15-17 HCP. Pegangan Heart yang tidak terlalu bagus membuat pilihan Selatan kelihatannya cukup beralasan. Pilihan Selatan membuat Utara dengan mudah langsung tutup kontrak 6NT.

♠️ K Q 2
♥️ A 4
♦️ K Q J 2
♣️ K1076
♠️ J 10 9 6 4 ♠️ 5 3
♥️ 7 ♥️ K Q 9 8 6
♦️ 10 5 3 ♦️ 9 7 6 4
♣️ J 8 5 4 ♣️ 9 2
♠️ A 7 5
♥️ J 10 5 3 2
♦️ A 8
♣️ AQ3

Barat lead. ♠️J dan declarer langsung menghitung, sudah ada 11 trik, 3 trik Spade, 1 trik Heart, 4 trik Diamond dan 3 trik Club. Umumnya pemain akan menyelesaikan permainan secara sederhana. Mereka hanya melihat satu kemungkinan untuk mendapatkan trik ketiga belas yaitu dari Club.

Seandainya Club terbagi 3-3 atau kalaupun terbagi 4-2 tapi .J doubleton maka kontrak 6NT bikin. Jadi, pada trik kedua langsung main Club. Ketika Club ternyata tidak terbagi sesuai keinginan tinggal, declarer tinggal bergumam, ‘Kita sedang tidak beruntung.’ Sebenarnya, asalkan declarer tidak terpaku hanya pada satu kemungkinan yaitu, pembagian Club, ia bisa menyelesaikan kontrak ini dengan manis.

Dalam permainan bridge, kemungkinan pembagian kartu itu sangat bervariasi jadi jangan terburu-buru menarik kesimpulan. Mengingat data yang ada sangat terbatas karena lawan tidak ikut bid, maka diperlukan cara untuk mencari tambahan informasi. Caranya, cobalah dulu memainkan warna yang lain sebelum memainkan Club. Cobalah main ♥️4 pada trik kedua setelah menang ♥️Q. Timur akan menang ♥️Q kemudian lanjutkan serang Spade. Pada trik ini decalerer menang ♠️K kemudian mainkan ♠️A dilanjutkan Spade dan Diamond dan . ♥️

Dengan cara bermain seperti ini maka distribusi di tangan lawan akan terbaca secara jelas. Distribusi Barat jelas terbaca 5-1-3-4 karena Timur tidak ikut Spade ketiga dan Barat hanya ikut satu kali Heart serta pembagian Diamond jelas terbaca. Dengan cara main seperti ini maka declarer akan memainkan kombinasi Club secara tepat. Ia akan main ♣️AQ dan ketika ♣️J tidak jatuh ia akan potong ♣️J dari Barat. Sederhana bukan?

Seandainya ketika dimainkan Diamond dan Barat ikut empat kali Diamond, maka jelas akan ketahuan distribusi Barat 5-1-4-3. Dengan kombinasi ini maka declarer akan main Club AKQ dan kontrak bikin karena yakin Club terbagi 3-3.

You must be logged in to post a comment Login