Job Fair Provinsi Sulut 2019 Diprediksi Serap 2500an Pencari Kerja

Pemprov, Sulutlink.com – Job Fair 2019 Pemprov Sulut yang prakarsai Disnakertrans Sulut Kementerian Tenaga Kerja Transmigrasi , Resmi dibuka Asisten II Rudi Mokoginta mewakili Guberur Sulut di Gedung itCenter Manado, Selasa (06/08/2019)

Rencanakan berlangsung selama empat (Selasa-Jumat), empat hari berlangsng berada di dua lokasi berbeda di Kawasan IT Center (6-7) dan di Hotel Sahid Kawanua Manado (8-9 ) diprediksi ada sekira 2500an lowongan kerja akan diserap.

Kadisnakertrans Prov Sulut, Erny Tumundo mengatakan pelaksanaan Job Fair (Bursa Kerja) tahun 2019 ini perdana dilaksanakan, namun hal ini akan berkelanjutan setelah dua hari kedepan ditambah dua hari sehingga efisiennya jadi empat hari.

“Ini merupakan tindak lanjut dari program ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan) untuk memfasilitasi para pencari kerja dan membantu pelaku usaha dalam mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional bagi perusahaan,”terang Tumundo

Ada terdapat 50an perusahaan yang mengikuti ajang pencari kerja ini yang terbanyak diantaranya perusahaan Perbankan, Investasi, Perhotelan, Finnace, Diller, serta Asuransi.

“Ada juga membuka aplikasi e-Bursa Kerja yang sudah berjalan sejak tahun 2018 dan sekitar 1000an pekerja sudah mendaftar lewat aplikasi tersebut,”ungkap Tumundo

Hal ini untuk mempermudah pelayanan secara cepat melalui sistem informasi guna mengoptimalkan LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) dan Pelatihan Tenaga Kerja Berbasis Kompetensi Bahasa sehingga mempermudah para pencari kerja.

Asisten II, Rudi Mokoginta mengatakan, oleh gubernur memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini, karena telah memilih lokasi kegiatan yang strategis (pusat keramaian) sehingga mempermudah bagi pencari kerja mendapatkan akses informasi untuk melamar pekerjaan.

“Lanjutnya, semakin berkompetensi, semakin bagus dalam perekrutan tenaga kerja, sehingga hal semacam ini juga dimaksudkan tidak hanya dilakukan dinas provinsi namun bisa juga dilaksanakan oleh dinas kabupaten/kota,” ajak Mokoginta.

Tentu kegiatan ini dapat tersinkronisasi dengan program pariwisata yang kini kian banyak masuk di Sulut, diharapkan kompetensi itu sangat penting.

Disamping itu, juga melalui program ODSK yang diinisiasi Gubernur Olly Dondokambey telah sinkron dengan Program Presiden Joko Widodo mengurangi angka pengangguran di Sulut disamping bisa menurun melalui masuknya Dana Desa secara optimal dikelola pemerintah desa. Data menunjukkan hingga bulan Agustus tercatat, oleh BPS 6,68 persen% atau turun 0,6 % dari tahun sebelumnya.

“Nantinya, kita juga mendorong program ODSK perkotaan tanpa mengesampingkan program OD-SK di pedesaan,” pungkas Mokoginta

Kegiatan direspon oleh sejumlah instansi serta berbagai perwakilan Disnakertrans Kab/Kota dan ratusan pencari kerja dari berbagai unsur perusahaan

Redaksi2Supit August 6 2019

You must be logged in to post a comment Login