Job Matching SMKN I Manado Sediakan 2.466 Lowongan Kerja

Manado, Sulutlink.com. Kepala Bidang Pelatihan, Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Sulawesi Utara (Sulut) Lucky Taju mengatakan, “Job Matching” yang dilaksanakan di SMK Negeri I Manado membuka sebanyak 2.466 lowongan pekerjaan.

“Lowongan pekerjaan ini terdistribusi di 22 perusahaan dan industri yang ikut dalam job matching ini,” kata Lucky di Manado, Senin (4/11).

Kegiatan serupa dengan pameran kesempatan kerja ini terselenggara atas dukungan penuh Kementerian Ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Utara serta SMK Negeri I Manado.

“Bursa kerja ini akan berakhir pada besok, mudah-mudahan dua hari dibukanya kesempatan kerja ini dapat dimaksimalkan para pencari kerja di daerah ii,” ujarnya.

Pameran kesempatan kerja ini, sebut dia, adalah ruang untuk memfasilitasi pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan pengetahuan keterampilan, bakat dan minat yang dimiliki.

Selain itu, membantu pelaku usaha mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Paling tidak, kata dia, pameran bursa kerja ini untuk mengetahui mengetahui kebutuhan, tingkat pendidikan, jenis kelamin, kelompok umur pencari kerja, jenis pekerjaan serta lowongan pekerjaan yang tersedia.

Hal ini, nantinya akan menjadi data dan informasi pasar kerja dan bahan perencanaan pelatihan ke depan.

“Paling penting adalah melalui kegiatan ini akan mengurangi melalui penempatan tenaga kerja ke perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan kompetensinya,” ujarnya.

Lucky menambahkan, yang disasar dalam pameran kesempatan kerja ini adalah pencari kerja usia produktif khususnya para lulusan SMK negeri yang ada di Provinsi Sulut.

“Ribuan lowongan pekerjaan yang tersedia berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, perusahaan asuransi, perusahaan ritel, perusahaan perhotelan, perusahaan distributor, perusahaan perdagangan, serta perusahaan promosi.

“Pameran kesempatan ini juga membuka peluang bagi pencari kerja yang berkebutuhan khusus. Jadi ada sebanyak 18 perusahaan yang berdomisili di Kota Manado dan empat perusahaan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara yang mengikuti pameran kesempatan kerja ini,” sebutnya.

Saat ini sebagaimana data BPS Sulut, hingga Februari 2019 pengangguran tercatat sebanyak 64.100 orang dengan Tingkat Pengangguran Terbuka sebesar 5,37 persen. (Ant/Red)

You must be logged in to post a comment Login