Jokowi Angkat Isu Krisis Etnis Rohingya di KTT ke 33 ASEAN

Singapura, Sulutlink.com – Presiden Jokowi bersama ibu negara Iriana bertolak ke┬ánegara Singapura untuk mengikuti kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke 33 negara – negara ASEAN.

Jokowi dan Iriana tiba di bandara International Changi, disambut oleh Menko Polhukam Wiranto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Presiden Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam dan ibu negara Iriana berkebaya putih dengan kain batik cokelat bermotif parang, tiba di lokasi KTT ASEAN, Suntec Convention Centre pukul 17.30 waktu setempat, Selasa (13/11/2018).

Jokowi kepada sahabat negara ASEAN, mengajak untuk secara bergotong – royong mengatasi krisis kemanusiaan terhadap etnis Rohingya di Rakhine State.

Menurutnya, krisis kemanusiaan Rakhine State belum juga dapat diselesaikan dan telah mengundang kekhawatiran serta menciptakan defisit kepercayaan masyarakat internasional.

“Sebagai satu keluarga, Indonesia sangat mengharapkan kiranya dapat dilakukan langkah maju penyelesaian krisis kemanusiaan ini,” ucap Jokowi.

Menurutnya, Indonesia siap dan ASEAN diyakini juga siap membantu Pemerintah Myanmar, untuk menciptakan kondisi kondusif di Rakhine State, di mana freedom of movement dihormati, tidak terdapat diskriminasi dan pembangunan dilakukan secara inklusif.

Jokowi juga berharap, negara-negara ASEAN tetap bersatu menghadapi berbagai permasalahan global dan mengingatkan kembali ketika ASEAN dibentuk di tengah hegemoni dua negara adikuasa.

“Tahun 1967, ketika kawasan lain di dunia terpecah dan terjebak dalam perebutan kekuasaan dua negara adikuasa, para pemimpin ASEAN sepakat untuk bersatu menciptakan kawasan damai dan sejahtera,” ucap Jokowi.(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login