Jokowi Lepas Ekspor Perdana Mitsubishi Xpander 2018

JAKARTA,MANADONEWS-Pertumbuhan ekonomi kita ditentukan oleh dua faktor penting yakni ekspor dan investasi. Dua kata itu yang diulang kembali oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara pelepasan ekspor perdana mobil Mitsubishi Xpander Tahun 2018, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (25/4).

“Dua hal yang akan terus saya ulang-ulang, saya sampaikan di berbagai acara karena dua hal ini adalah kunci penting untuk kemajuan ekonomi Indonesia, investasi dan ekspor,” ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden berharap bahwa dengan ekonomi yang tumbuh maka dapat menekan ketimpangan, kesenjangan, dan kemiskinan. Kalau mau tumbuh, lanjut Presiden, investasi harus banyak yang dibangun di Indonesia dan ekspor juga harus lebih banyak dilakukan.

Presiden Jokowi menegaskan oleh sebab itah pemerintah terus mendorong kemudahan berusaha dan berinvestasi yang berorientasi ekspor. Tahun 2017 lalu, ekspor Indonesia tumbuh 16,2 persen dengan surplus perdagangan mencapai 11,82 miliar dolar Amerika.

Seperti kemarin, saya sendiri melepas ekspor perdana produk otomotif yang diproduksi pabrik Mitsubishi Indonesia untuk pasar Filipina. Sebanyak tiga ribu unit mobil Mitsubishi Xpander buatan Cikarang akan dikapalkan dalam ekspor tahap pertama ini

Untuk membuat unit Xpander ini, Mitsubishi Indonesia mampu mengaryakan sebanyak tiga ribu tenaga kerja di pabriknya di Cikarang dan akan bertambah menjadi empat ribu tenaga kerja. Hampir seluruhnya tenaga kerja lokal.

Selain itu, proses produksi Mitsubishi Indonesia di Cikarang juga melibatkan sekitar 120 industri komponen dalam negeri. Keterlibatan industri dan tenaga-tenaga lokal Indonesia itu mampu menjadikan nilai tambah tersendiri bagi Indonesia di mata dunia.(Nando)

You must be logged in to post a comment Login