JRK : Data Menjadi Salah Satu Faktor Penting Dalam Kehidupan

Minahasa, Sulutlink.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, M.Si, (JRK) menghadiri Focus Discussion Group Penyusunan Publikasi Minahasa dalam Angka Tahun 2019, Kamis (11/7/2019) yang dilaksanakan di Nirwana Cafe and Resto Tondano.

Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan, data kini menjadi salah satu faktor yang penting dalam kehidupan kita dan tidak hanya digunakan dalam penelitian, namun dapat digunakan untuk penyebaran informasi, evaluasi, maupun perencanaan pembangunan, misalnya dalam merancang dan menentukan pengambilan kebijakan Pemerintah.

Menurutnya, dalam kenyataan sekarang ini, Pemerintah maupun pihak-pihak lain yang berkepentingan dapat menggunakan data untuk menjelaskan dinamika suatu fenomena yang terjadi dalam suatu waktu dan mempertajam analisa sebelum mengambil keputusan atau kebijakan.

Dijelaskannya, Presiden Jokowi selalu mengingatkan betapa pentingnya data untuk mendukung suksesnya kegiatan. Bahkan beliau mendorong untuk terbentuknya Satu Data Indonesia dan sudah menandatangani Perpres No 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

“Oleh karena itu, kita sebagai penyedia maupun pengguna data, harus meningkatkan kerjasama demi terwujudnya hal tersebut. Kerjasama untuk Satu Data ini, dapat kita wujudkan salah satunya dalam penyusunan Kabupaten Minahasa dalam Angka 2019, yang merupakan publikasi tahunan yang diterbitkan oleh BPS Kabupaten Minahasa,”ucap Sekda JRK.

Ditambahkannya, data-data yang terdapat dalam publikasi ini merupakan gabungan dari data yang diberikan oleh SKPD-SKPD dan instansi-instansi lain yang ada di Kabupaten Minahasa serta data BPS.

Sekda JRK juga berharap, Publikasi Minahasa dalam Angka Tahun 2019, dapat bermanfaat bagi semua pihak yang menggunakannya demi keberhasilan pembangunan di Kabupaten Minahasa.

Dia juga mengingatkan, akan pentingnya kegiatan ini dan meminta agar mengikuti kegiatannya dengan baik serta berikan data yang sesuai dengan keadaan sebenarnya, perbaiki jika data tersebut kurang sesuai dengan keadaan, berikan penjelasan terkait fenomena yang ada jika kenyataannya data tersebut mengalami penurunan/kenaikan yang ekstrim.

Lebih lanjut JRK mengatakan, publikasi ini bukan milik BPS, namun milik kita bersama karena mencerminkan wajah Kabupaten Minahasa, wajak kita semua.

Diakhir sambutannya, JRK berterima kasih atas kerjasama selama ini dan semoga akan tetap berjalan dengan baik demi membangun Minahasa kedapannya.

Kegiatan juga dihadiri, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Minahasa Leopord Richard Rawung, SE, Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Drs.Riviva Maringka, M.Si, dan seluruh peserta yang mengikuti forum diskusi ini.(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login