Kadis Kobong Provinsi Sulut Ikut Kompetisi Produk Andalan di Sulut Expo 2019

Pemprov, Sulutlink.com – Provinsi Sulut terkenal dengan banyak slogan yang sudah sangat falimiar ditelinga kalangan pegiat wisata jalan-jalan, ingin tahu andalan apa saja yang menarik di Sulut khususnya produk tanaman kebutuhan sandang dan pangan. Ada milu, kentang, pisang, Ubi, kelapa, cengkih, sayur-mayur, Biji-bijian dan lain sebagainya.

Slogan-slogan ini tercipta sejak lama. Diantaranya Si Tou Timou Tumou Tou (GSSJ Ratulangi), Nyiur Melambai, Torang Samua Basudara, akhirnya Tinutuan, ciri khas panggilan untuk sulut ini ternyata membuahkan magnit terdalam setiap kali orang mendengarnya sekalipun dinegara-negara didunia yang pernah berpijak berwisata ria hanya karena slogan-slogan dinilai klasik dan menarik ingin tahu artinya.

Dalam Rangka pergelaran Sulut Expo 2019 sejumlah produk-produk unggulan khususnya dari Sulut akan dibawa untuk di promosikan dalam pergelaran tersebut.

lima puluh lima tahun sudah sulut merangkai kiat-kiat unggulan bumi nyiur melambai. Produk-produk slogan ini memang terbukti sudah, penuturannya santun dan familiar.

Dalam waktu dekat Sulut Expo akan digelar di Ibukota RI Jakarta. Apa yang akan dibawa kesana.

Dikesempatan baru-baru ini sempat berbincang dengan salah satu pejabat terkait Kadis Perkebunan Sulut Ir. Refly Ngantung membahas hal-hal yang terkait dengan produk andalan Sulut.

Hampir semua ciri-ciri khas Sulut terangkat diperbincangkan. Mulai dari rempah kebutuhan keseharian BARITO, produk perkebunan (kobong kering, kobong sawah). Kesiapan Kadis tidak setengah hati. “Dinas Perkebunan dan staf saya selalu siap dan bangga mendukung program OD-SK di era globalisasi ekonomi dalam rangka mengentaskan kemiskinan.

Sebagai pejabat yang diberi kepercayaan oleh bapak Gubernur Olly Dondokabey – bapak Wakil Gubernur Steven Kandouw “saya akan membawa produk andalan Sulut terbaik selain yang sudah disebutkan tadi diatas, di Sulut ada jenis Kopi yang tidak kalah dengan kopi dunia (robusta) dan lain-lain. Menurut survey Kopi Sulut lebih berkualitas dan harum karena alam semesta di Sulut tanahnya subur.

“saya jamin jenis seperti Kopi khas Sulut ini sudah banyak yang menikmatinya.

“Misalnya Kopi Koya dan Kopi Bolmong. Kedua daerah ini sudah ada brand. Ada lagi kopi Minahasa. Jadi itu semua akan ditampilkan di Sulut Expo 2019,”janji Kadis Refly Ngantung.

Namun demikian ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sesuai standard berlaku, agar produk ini bisa lolos tampil di Sulut Expo. Misalnya produk tersebut minimal sudah terdaftar, kemasan sudah bagus, halal, dan mencantumkan masa kedaluwarsa (BPOM). Kalau semua lengkap persyaratannya maka akan keluarlah rekomendasi layak jenis kopi ini bisa diperlualkan, selain tidak akan berdampak menjatuhkan nama baik SULUT HEBAT.

” Saya yakin ini akan tampil ditenan-tenan expo sulut 2019 tingkat Nasional.

Tak hanya itu, produk andalan komoditi yang spesifikasi perkebunan dari Dinas Perkebunan Sulut berupa Minyak Kelapa Asli setara VCO daerah lain, yang diolah dari buah kelapa dan turunannya

“Semuanya itu yang akan nantinya kita tampilkan di pameran, dan saya berharap dukungan semua pihak membantu turut ambil bagian untuk mempromosikan produk-produk andalan Sulut,” tandas Ngantung.

redaksi2Supit September 24 2019

You must be logged in to post a comment Login