Kanonang Lima Wakili Minahasa di Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulut

Kanonang,Sulutlink.com – Desa Kanonang Lima Kecamatan Kawangkoan Barat menjadi Desa yang mewakili Kabupaten Minahasa dalam lomba Desa di tingkat Provinsi, dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2018, mulai dinilai Tim Penilai, dalam acara Penilaian Evaluasi Perkembangan Desa/ Kelurahan, Senin (4/6/2018) pagi.

Penilaian Penilaian yang dihadiri langsung Ketua Tim Penilai Drs Ferdinand Singal MSi bersama para Tim Penilai Evaluasi Provinsi Sulut, serta dihadiri pula oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Ir Rita Dondokambey Tamuntuan ini, diawali dengan ucapan selamat datang oleh Ketua BPD Kanonang Lima Novy Sondakh dan dilanjutkan dengam laporan kegiatan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Djefri Sumendap Sajow SH.

Selanjutnya, pemaparan tentang perkembangan Desa secara umum, termasuk pemanfaatan Dana Desa oleh Hukum Tua Kanonang Lima Dekie Lumintang, yang dilanjutkan dengan penyerahan dokumen kepada Ketua Tim Penilai.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi, dalam sambutan mewakili Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh mengatakan bahwa, etos kerja, gotong royong, motivasi dan sumber daya manusia di Desa Kanonang Lima, menjadi hal yang penting dalam menunjang penilaian perlombaan Desa ini.

“Gotong royong masyarakat seperti yang telah dipraktekkan dalam membuat atau menggoyang kacang untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, menjadi nilai revolusi mental juga menjadi salah satu starting point untuk memperoleh nilai yang bagus,” kata Mangala.

“Tata terus Desa ini, tidak hanya agar menjadi juara atau hanya saat penilaian kemudian sesudah itu menjadi amburadul, melainkan secara terus menerus ditata dengan baik,” ujarnya lagi, sembari berharap banyak Desa ini boleh menjadi pemenang.

“Seperti contoh Desa Kanonang Dua, dimana mereka boleh menerima dana hibah dari Pemkab Minahasa sebesar Rp 250 juta untuk pembangunan ketika berhasil menjadi juara. Hal ini untuk menjadi motivasi bagi Desa-desa lain atau Kecamatan lain untuk mempersiapkan Desa mereka bergantian mengikuti perlombaan,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Tim Penilai Drs Ferdinand Singal dalam sambutannya menyampaikan bahwa bapak Presiden Jokowi memberikan arahan kepada Provinsi dan Kabupaten/ Kota di Indonesia untuk memanfaatkan Dana Desa dengan baik, jangan sampai habis semua untuk infrastruktur kemudian kualitasnya tidak baik. Musrenbang adalah kekuatan tertinggi di Desa untuk prioritas pembangunan dan kebutuhan Desa.

“Jaga keamanan dan ketertiban NKRI meskipun memiliki sekitar 714 suku tapi kita adalah Indonesia. Bekerjalah sesuai tupoksi masing-masing dengan maksimal sesuai Permendagri 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan. Masalah kemasyarakatan APBDes terkadang masyarakat berpikir itu adalah proyek padahal prinsipnya masyarakat adalah yang terpenting. Boleh buat perdes terkait kebiasaan masyarakat yang harus dijaga. Gotong royong terus dijaga dan dilakukan seperti orang tua dulu yang terus berjibaku dengan jiwa gotong royong. Tetap jaga kebersihan, keindahan, dan ketertiban,” pesan Singal.

Acara kemudian diakhiri dengan ucapan terima kasih oleh Camat Kawangkoan Barat Eightmi Moniung SH dan doa penutup oleh Gembala GSJA Parakletos Kanonang JF Ranti, diakhiri penjelasan tekhnis dan perkenalan tim penilai oleh sekretaris tim penilai evaluasi perkembangan desa tingkat Provinsi, dimana penilaian secara teknis adalah wawancara dengan Perangkat Desa dan lembaga kemasyarakatan Desa, penilaian administrasi, papan data dan dokumen lainnya, serta peninjauan langsung fisik di lapangan.

Turut hadir, Ketua TP-PKK Minahasa Helly Grace Mewoh Pongoh SE, mewakili TP-PKK Sulut Ibu Ros Patinama Tanos dan rombongan, jajaran pengurus TP-PKK Minahasa, Forkopimca, TP-PKK Kecamatan dan Desa, Hukum Tua se-Kawangkoan Barat, Hukum Tua Desa Kanonang Dua Dekie Lumintang bersama Ketua TP-PKK Desa Ibu Betty Lumintang Pinatik, Ketua LPM Drs Ronny Sondakh, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Perangkat Desa(herdy)

You must be logged in to post a comment Login