Kanonang Satu, Desa Pertama di Minahasa Yang Pakai CCTV

Kanonang, Sulutlink.com – Desa Kanonang Satu di Kecamatan Kawangkoan Barat jadi Desa pertama yang memiliki fasilitas keamanan berupa Closed Circuit Television atau CCTV.

Hukum Tua Desa Kanonang Satu, Lucky Kasenda, sabtu (3/2/2018) sore, mengatakan Pada umumnya CCTV digunakan sebagai pelengkap keamanan dan banyak dipakai di dalam industri industri seperti Militer, Airport, Toko, Kantor, Pabrik bahkan sekarang perumahan pun telah menggunakan teknologi ini. Tapi di Kanonang Satu juga sudah memanfaatkan teknologi ini.
“Gagasan menggunakan CCTV lebih pada menjaga keamanan dan mencegah terjadi gangguan kamtibmas di Desa” ungkap Lucky Kasenda

Dijelaskan Lucky Kasenda bahwa anggaran CCTV ini yang berjumlah 6 juta rupiah diambil dari dana ADD tahun 2017 dan dipasang di 4 titik yang ada di Kanonang 1 dan semuanya sudah terpasang dilokasi yang sudah disepakati bersama oleh warga Kanonang Satu

Ditambahkan Lucky Kasenda bahwa Kanonang Satu mungkin Desa pertama di Minahasa yang menggunakan CCTV di Desa. Dan untuk pemanfaatannya monitor CCTV diletakkan di Kantor Desa selanjutnya perangkat Desa bergilir memonitor alat tersebut.

Sementara itu Sekdes Kanonang Satu Heppi Walangitan menambahkan selain CCTV, Kanonang Satu juga memasang lampu penerang jalan yang menggunakan anggaran dana desa (DD).
“Kanonang Satu juga memasang lampu penerang jalan di 17 titik, atau dengan kata lain kami tidak menggunakan lampu solar cell” pungkas Sekdes Kanonang Satu ini.(herdy)

You must be logged in to post a comment Login