Kejar BLT Dan Bantuan Pemerintah Warga Minsel Serbu Dinas Dukcapil Urus KK

Minsel,Sulutlink.com- Kantor Dinas Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil) Kabupaten Minahasa Selatan, diramaikan serbuan warga yang datang mengurus KK (Kartu Keluarga).

Kadis Dukcapil Minsel Corneles Mononimbar kepada awak media mengatakan, membludaknya permohonan pengurusan KK dipengaruhi adanya kucuran dana BLT (Bantuan Langsung Tunai) dana desa dan bantuan lainnya.

Menurutnya, alasan permohonan pengurusan KK dilatarbelakangi, keinginan pemisahan nama anggota keluarga (orang tua) dari daftar KK anak mereka.

“Mereka datang meminta nama orang tua yang tercatat pada KK anak penanggung, agar dapat dipisah dan berdiri sendiri. Beda dengan dahulu waktu orang tua mereka menjadi janda/duda, anak berebut memasukkan nama orang tua ke dalam daftar KK anak penanggung,”ucap Mononimbar.

Ditambahkannya, apabila nama orang tua pada KK digandeng bersama dengan nama anak penanggung, maka orang tua yang menjadi tanggungan tidak bisa berpeluang untuk mendapat BLT dan bantuan lainnya dari pemerintah.

Dia mencontohkan, apabila janda/duda yang namanya masuk dalam KK anak yang ekonominya bercukupan, maka dapat dipastikan tidak dapat menerima BLT dana desa dan bantuan lainnya.

Dijelaskan, walaupun ditengah pandemi Covid-19 Dinas Dukcapil Minsel tetap melayani warga Minsel dengan menerapkan protokol kesehatan. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login