stats
for wordpress

Atasi Kelangkaan Garam, Pemprov Sulut Impor Dari Australia

 

P_20170802_143429

MANADO, Sulutlink.Com –¬†Untuk mengatisipasi kelangkaan dan lonjakan harga garam Pemerintah Provinsi Sulut¬† akhirnya memutuskan mengimpor garam dari Negara tetangga Australia dan Pemerintah menjamin garam asal Australia memiliki kwalifikasi kandungan milenium.

Hal ini di katakan Kepala Bidang Dalam Negeri Dinas Perdagangan Sulawesi Utara Hanny Wajong Rabu (2/8/2017) di ruang kerjanya.

Wajong menambahkan dengan adanya impor garam Disperindag Sulut memperkirakan mampu menormalisasikan harga di pasaran hingga 50%, berkurangnya musim penghujan akan memacu peningkatan produksi garam di Jawa Timur dan Madura sehingga di perkirakan 2 bulan kedepan ini import dapat di hentikan.

Di jelaskannya, Disperindag Sulut sudah berkordinasi dengan Kementrian Perdagangan RI akibat garam sudah langka sehingga Pemerintah berupaya menginpor garam dari Australia ini dalam proses minggu depan garam sudah masuk ke indonesia kemudian di disribusikan ke Sulut.

Kebutuhan garam di Sulut untuk konsumsi rumah tangga mencapai 3 KG/kapita per Tahun jika direkapitulasi masyarakat Sulut membutuhkan 625 ton garam setiap bulan hanya untuk konsumsi rumah tangga belum termasuk home indusri dan usaha kecil menengah.

“Sebelumnya tahun kemarin di Likupang Minahasa Utara ada home indusri garam namun ini sudah tidak berkembang lagi disebabkan cuaca tidak menentu banyak turun hujan,mudah – mudahan cuaca sekarang sudah mulai panas garam dari dalam negeri bisa di dapatkan dari NTT” kunci Wajong.(Herman)

Rate This Page

You must be logged in to post a comment Login