Kelompok Tani di Kabupaten Minut Keluhkan Lambannya Penyaluran Dana Bantuan Pembelian Pupuk

Minut,Sulutlink.com – Sejumlah Poktan (kelompok tani) di Kabupaten Minahasa Utara mengeluhkan lambannya penyaluran dana bantuan pembelian pupuk yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Provinsi Sulut.

Toni Tangkudung pengurus Poktan Maranatha saat dimintai konfirmasi mengatakan, kalau sampai saat ini permohonan bantuan dana pembelian pupuk yang ditujukan ke Dinas Pertanian Minut belum ada jawaban.

Menurutnya, seharusnya Pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian Provinsi Sulut selaku pihak pelaksana penyaluran dana bantuan pembelian pupuk di Kabupaten/Kota, lebih peka dengan tingkat kebutuhan petani.

Dijelaskannya, sekarang ini bantuan bibit jagung yang disalurkan Pemerintah telah ditananam, namun penyaluran bantuan dana pembelian pupuk yang dijanjikan sampai sekarang belum turun.

Ini menandakan ketidak seriusan Pemerintah dalam penyaluran dana pembelian pupuk dan tentunya ini sangat mempengaruhi pada daya tumbuh tanaman jagung yang telah ditanam.

Sementara itu Kadis Pertanian Kabupaten Minut Ir Oskar Jan Sinaulan MSi ketika dimintai kofirmasinya, mengakui penyaluran dana bantuan pembelian pupuk yang diusulkan belum turun.

“Kewenangan pengadaan dan penyaluran dana bantuan pembelian pupuk berada di tangan Dinas Pertanian Provinsi Sulut. Dinas Pertanian Kabupaten/Kota hanya sebatas mengusulkan proposal dari Poktan,”ujar Sinaulan.

Ditambahkan, bagi Poktan yang telah memasukan proposal diharapkan bersabar, karena penyaluran dana bantuan pembelian pupuk apabila sudah turun, maka sebagaimana aturan dan juknis akan langsung disalurkan secara langsung ke rekening masing – masing Poktan penerima.(JoTam)

 

You must be logged in to post a comment Login