Kemenko Perekonomian RI Tampilkan Roadmap Diklat Vokasi di Pameran PKN Revmen 2018

Manado, Sulutlink.com – Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian RI pada kegiatan pameran Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKN Revmen) 2018 yang dilaksanakan dikompleks lapangan Sario Manado, menampilkan prioritas kebijakan nasional Roadmap Pendidikan dan Pelatihan Vokasi.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan UKM Kemenko Perekonomian RI Rudy Salahuddin saat dimintai konfirmasi, Jumat (26/10/2018) dilokasi pameran mengatakan, pihaknya ingin memberikan edukasi prioritas kebijakan nasional yang dijalankan Kemenko Perekonomian RI yaitu salah satunya pendidikan dan pelatihan (Diklat) vokasi.

Menurutnya, ini sejalan dengan intruksi Presiden Jokowi, bahwa dalam lima tahun kedepan Pemerintah akan fokus pada pembangunan SDM untuk menjadikan Indonesia unggul.

“Oleh sebab itu kita bawa buku Roadmap kebijakan pengembangan vokasi dan juga membawa dua orang siswa SMK Kopi yang sekolahnya telah dibuka di Jatinangor Sumedang Jawa Barat,” ujar Salahuddin ramah.

Dijelaskannya, di SMK Kopi siswa belajar mulai dari budidaya kopi sampai jadi barista atau mulai dari hulu sampai ke hilir dan setelah belajar tiga tahun, begitu lulus siswa mendapatkan enam sertifikat kompetensi mulai dari pembibitan, rosting kopi sampai jadi barista.

Dikatakannya, Sulut dengan potensi unggulan tanaman kelapa terbesar, maka berpeluang untuk mendirikan SMK Kelapa.

“Vokasi yang kita dorong didaerah yaitu sesuai dengan keunggulan yang ada daerah itu, sehingga begitu ada SMK industrinya akan mendekat ke situ,”ucap Salahuddin.(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login