Kesejahteraan Petani Sulut Naik Tipis di Saat Pandemi COVID-19

Manado, Sulutlink.com – Tingkat kesejahteraan petani Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami peningkatan di era pandemi COVID-19, hal ini tak lepas dari ajakan pemerintah dan pemuka agama untuk memperkuat ketahanan pangan keluarga.

“Tingkat kesejahteraan petani tercermin dari Nilai Tukar Petani (NTP) pada  Mei 2020 yang naik 0,06 persen ke angka indeks 97,85  dibandingkan April  97,79,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Dr Ateng Hartono di Manado, Rabu.

Ateng mengatakan membaiknya nilai NTP ini juga jareba penurunan biaya pertanian atau indeks yang dibayar petani.

Kendati secara bulanan indeks  NTP  naik, tetapi secara tahun kalender 2020 masih mengalami penurunan 0,70 persen, sementara secara tahunan YoY (tahun ke tahun) menunjukan kenaikan 1,29 persen.

Namun Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) turun 1,06 persen; dari nilai 99,06 di bulan April menjadi 98,01 di bulan Mei.

Perkembangan NTP Sulawesi Utara hingga bulan Mei 2020 masih berada di bawah 100, keadaan ini menunjukan daya beli petani secara umum belum membaik dibanding kondisi pada tahun 2018 (tahun dasar).

Dari hasil pemantauan harga komoditi di perdesaan, secara umum dapat digambarkan bahwa naiknya nilai NTP sebesar 0,06 persen dibantu oleh penurunan indeks yang dibayar petani yang cukup tinggi khususnya pada Harga-harga barang Konsumsi Rumah Tangga yang mengalami deflasi 1,47 persen. Sementara Indeks Harga yang diterima Petani secara umum juga mengalami penurunan hingga mencapai 1,05 persen.

Nilai Tukar Petani (NTP) adalah perbandingan antara indeks harga yang diterima petani (It) dengan indeks harga yang dibayar petani (Ib) dan dinyatakan dalam persentase. NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat daya beli petani, dengan mengukur kemampuan tukar produk yang dihasilkan/dijual petani dibandingkan dengan produk yang dibutuhkan petani baik untuk proses produksi maupun untuk konsumsi rumah tangga petani. (ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login