Komisi 3 DPRD Bahas Keluhan Warga, PT.MSM: Siap Lakukan Negosiasi

adm2.kom3.msm.17.02.2021

Pejabat PT. MSM hadiri Undangan Komisi 3 DPRD Sulut Pembahasan Seputar Keluhan Wagra Pinasungkulan Kota Bitung

RDP ini digelar melalui  undangan Komisi 3 DPRD Sulut adalah dalam rangka memediasi antara PT. MSM dengan Warga Pinasungkulan Kota Bitung, Rabu, (17/02/2021)

Manado, Sulutlink.com – Warga Pinasungkulan dihadapan forum RDP menyampaikan keluhan mereka ini perlu dimediasi komisi 3 dprd sulut guna memperoleh titik terang apa yang mereka harapkan.

Terungkap dari paparan warga pinasungkulan antara lain terkait masalah pembayaran harga tanah warga,  terkait belasting atau (peledakan) yang menyebabkan adanya keretakan rumah warga, dan terkait Air Bersih;

Komisi 3 Cermati paparan PT MSM du RDP

Pantauan sulutlink.com, gelar RDP  dipandu langsung Ketua Komisi 3 Berty Kapojos didampingi Anggota Ludia Kambey, Yongki Limen, Amir Liputo, dan diikuti secara virtual oleh Anggota lainnya. Disamping itu juga kehadiran pejabat terkait PT. MSM  dan sejumlah perwakilan Warga Pinasungkulan Kota Bitung.

Dialog antar pihak berkepentingan  berjalan sangat komunikatif lebih khusus Komisi 3 selaku mediator, PT. MSM dan Perwakilan Warga Pinasungkulan sampai menemukan solusi berupa kesepakatan dan penjelasan secara rinci terkait yang dikeluhkan warga Pinasungkulan Kota Bitung;

Utusan Perwakilan warga Pinasungkulan

Beberapa keterangan dari PR. Communication PT. MSM melalui  Inyo H. Rumondor,  pernyataan PT Meares Soputan Maining (MSM)  ada tiga yang dimediasi,  Pertama terkait lahan,  Kedua terkait pelaksanaan blasting atau peledakan, dan Ketiga terkait air bersih.” kata Rumondor

Kata Rumondor, terkait keluhan warga masalah lahan, kami sedang melakukan negosiasi dengan pemilik lahan langsung. Dan sehubungan dengan negosiasi ini soal harga tergantung hasil dari kesepakatan bersama antara PT. MSM dan Warga Pinasungkulan mana yang terbaik, itu yang kami ambil,” janji Rumondor

“Jadi yang pertama adalah, menyangkut kesepakatan berkaitan dengan harga yang umum kami lakukan pembayaran.  Itu yang nanti kami lakukan pembayaran terkait tanah-tanah tersebut. Rumondor pun menhelaskan, supaya tidak ada yang merasa ‘tidak adil’ dalam hal pembayaran tanah tersebut.

Kedua,  berkaitan dengan blasting atau peledakan, seperti yang dikeluhkan warga pinasungkulan bahwa ada keretakan bangunan rumah warga, Pernyataan Rumondor, itu tidak kita katakan salah atau kita yang benar begitu sebaliknya, ini perlu ada titik temu, selain itu bisa juga beberapa faktor sebagai penyebab keretakan antara lain, bisa saja blasting atau struktur bangunan tersebut.

Ketiga terkait air bersih, kami sudah membangun bak penampungan air bersih untuk keperluan warga disana, yang namanya penampungan air bisa habis,  bukan mata air sehingga hal itu penting penyadaran warga.

Terkait RDP, Atas nama PT. MSM, melalui Rumondor, mengapresiasi langkah warga Pinasungkulan yang mengambil langkah cerdas sehingga bisa dilakukan mediasi bersama komisi 3 DPRD Sulut.

” Kami bisa bersama-sama menyepakati dan berunding bersama dengan mediator komisi 3,  terkait dengan apa yang menjadi keluhan warga, kehadiran kami bisa memberi warna dan dapat menjawab keinginan warga pinasungkulan, dan kehadiran kami juga dapat mensejaterahkan warga setempat, meski tidak semua warga disana yang dapat kami fasilitasi,” pungkas Inyo Rumondor. (Rel)

You must be logged in to post a comment Login