Komisi III DPRD Sulut Akan Turlap Terkait Aktivitas PT. Pertamina Geo Thermal Di Tompaso Kabupaten Minahasa

DEPROV, Sulutlink.com – Usai gelar rapat dengar pendapat (RDP), Komisi III DPRD Sulut dengan PT Pertamina Geothermal Energy dan Masyarakat desa Tompaso Kabupaten Minahasa, yang bermukim diseputar aktivitas perusahaan tersebut. Dalam kesempatan yang sama Ketua Komisi III, Berty Kapojos mengatakan
dalam pertemuan telah membahas aspirasi (red keluhan) masyarakat sejak perusahaan itu beroperasi beberapa tahun lalu, dimana akibat adanya aktivitas PT. Geo Thermal, masyarakat mulai merasakan kesulitan mendapatkan air bersih,”jelas Kapojos kepada wartawan Kamis, 26/2/2020)

Komisi III akan menindaklanjuti pertemuan itu dan berencana pekan depan (senin), akan melakukan turun lapangan uji petik fisik dilokasi aktivitas pt. Geo thermal.

“Senin depan kami akan cek lokasi aktivitas perusahaan,” janji Kapojos.

Lanjutnya, Komisi III juga akan mengundang dinas terkait dari Kabupaten Minahasa untuk memperjelas keluhan masyarakat. Setelah itu akan dilanjutkan dengan rapat bersama, guna mencari tahu apa penyebab sehingga warga kesulitan mendapatkan air bersih.” sambung Kapojos

“memang keluhan ini sudah lama diadukan ke DPRD kabupaten. Namun tak pernah ditindaklanjuti.
“Berdasarkan laporan yang kami terima, sejak perusahaan itu berdiri, sumber air bersih yang sebelumnya berjalan dengan baik. Nah setelah melihat aktivitas perusahaan semakin gencar, masyarakat mulai merasakan debet air terlihat mulai kekeringan.
Maka berdasatkan laporan masyarakat ke komisi III menemui kesepakatan kami akan cari solusi yang terbaik seperti apa.

Tanggapan masyarakat soal usulan komisi III, untuk sementara menerima, dan tidak menolak keberadaan perusahaan itu dengan catatan harus ada jalan keluar,” tandas Kapojos.

RDP turut dihadiri Anggota Komisi Yongkie Limen, James Kojongian, Boy Tumiwa, Hengky Honandar, Amir Liputo, Toni Supit, Raski Mokodompit, Kadis ESDM Sulut, Frans Maindoka, Mewakili Pt. Pertamina GeoThermal, Sejumlah Masyarakat Tompaso. (red2Supit-009)

You must be logged in to post a comment Login