Komisi III: Sesalkan Dana APBN 2019 Untuk Pembangunan Ring Road III Dan Boulevard II Mubazir

DEPROV, Sulutlink.com — Kita ketahui bersama, upaya serius Gubernur Sulut Olly Dondokambey berhasil melobi dana-dana APBN dengan kementerian terkait, sepertinya tidak diimbangi oleh kinerja cepat dari SKPD di Lingkup pemprov.

Hal ini dikatakan anggota legislator DPRD Sulut Hi. Amir Liputo SH, usai Komisi III DPRD Sulut melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pemukiman Sarana dan Prasarana Wilayah (KIMPRASWIL) provinsi Sulut dan Balai Pelaksanan Jalan Nasional, (BPJN), Kamis (16/01/2020) sore.

Suasana tanya jawab RDP Komisi III Dengan mitra BALAI PELAKSANA JALAN NASIONAL

Menurut Liputo, hal ini nyata,dilihat dari banyaknya dana APBN yang dikucurkan untuk Sulut, namun karena respon dari SKPD yang lambat akhirnya dana APBN tersebut tidak terpakai dan dikembalikan.

“Contoh ring road III, ternyata kita masih mengalami kendala pembebasan lahan, sementara dana untuk fisik itu sudah turun. Nah oleh karena ketidakmampuan kita dalam menyerap anggaran tersebut otomatis dana fisik ini kembali ke pusat,” kata Liputo saat wawancarai di ruang kerjanya.

“Begitu halnya, untuk jembatan Boulevard II, terungkap tadi mereka (BPJN) menyatakan siap tapi mereka menunggu pembebasan lahan.

Kami sadar bahwa memang pembebasan lahan ini tidak mudah. Oleh sebab itu kami berharap dinas terkait yang diberi tanggung jawab untuk lebih kreatif dalam bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten/Kota,” tuturnya

Lanjut Politisi PKS ini, juga meminta kepada pemprov untuk lebih proaktiv lagi dalam mendekati para pemilik lahan yang akan dibebaskan agar supaya di mana proyek ini akan turun bisa direalisasikan.

Dirinya juga menyayangkan adanya dana APBN yang dikucurkan untuk pembangunan di sulut, namun karena ketidaksiapan dan kegesitan dari instansi terkait akhirnya dana APBN yang merupakan hasil lobi dari gubernur Olly akhirnya mubazir.

“Saya sayangkan begitu cepatnya pergerakan pak gubernur Olly, dimana beliau sadar benar APBD kita sangat kecil hanya sekitar 4 triliyun, maka berkat usaha lobi-lobi di tingkat pusat dengan kapasitas beliau bisa menghadirkan dana-dana APBN ini, jangan sampai tidak terpakai oleh karena kendala-kendala yang tadi itu,” bebernya

Maka dari itu, dengan dilakukannya RDP tersebut dirinya terus mendorong dinas Perkim ini untuk segera melakukan pembebasan lahan.

“Saya berharap RDP ini memberikan kita solusi dimana tadi kita sudah sepakat untuk ring road III Boulevard II sampai bulan Maret 2020 kita awasi terus, kita pantau terus, kita akan bantu sepenuhnya, dan kami mendorong berbagai pihak terutama dinas perkim yang bertanggung jawab di pengadaan tanah untuk segera dapat melaksanakan, karena dari sisi anggaran tidak masalah, semua tertata dan insya Allah mencukupi untuk pembebasan lahan tersebut,” pungkas yang akrab disapa Aba!(red2Supit-009).

You must be logged in to post a comment Login