KOMISI IV DPRD SULUT BAWA SEJUMLAH KELUHAN MAHASISWA ASRAMA SAM RATULANGI BANDUNG, MINTA PERHATIAN PEMPROV

DIALOG KOMISI IV DENGAN MAHASISWA

Deprov, (sulutlink.com)- Terpantau agenda kunjungan kerja Komisi IV DPRD Sulut, selanjutnya menuju kota yang dikenal dengan nama Kota Kembang dan sejak puluhan tahun sekira tahun (1970-red) jadi favorit minat calon mahasiswa lanjutan menambah ilmunya di berbagai bidang diantaranya teknik, pariwisata, perhotelan, pemerintahan dan lain-lain.  Pemerintah daerah seperti Sulawesi Utara membangun fasilitas asrama dengan nama Asrama Mahasiswa Sam Ratulangi Provinsi Sulawesi Utara (red).

Seperti apa kondisi Asrama Mahasiswa Sam Ratulangi, dari sisi bangunan dan penghuninya  ditengah pandemi ?

Tidak luput dari tugas pengawasan DPRD Sulut khusus Komisi IV memanfaatkan agenda kunjungan kerjanya ke  asrama mahasiswa Sam Ratulangi dengan alamat Jalan Banda 2  Bandung, hari Jumat (7/8/2020) kemarin.

Dalam laporan hariannya (MJP-red), serta tugas pokok kunjungan kerja  Komisi IV DPRD Sulut ke Asrama Sam Ratulangi di Bandung tersebut, dalam rangka Monitoring Kegiatan Mahasiswa di tengah pandemi covid-19,” kata  Melky J Pangemanan, SIP MSi.

“Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Utara berdiskusi dan menerima aspirasi mahasiswa dari Sulawesi Utara yang menuntut ilmu di Jawa Barat,” tutur MJP

Lanjut dikatakannya dalam diskusi tersebut, ada beberapa hal yang menjadi pembahasan diantaranya:

-Mahasiswa mengeluhkan kondisi beberapa kamar dan ruangan Asrama yang baru di renovasi menggunakan anggaran APBD Sulawesi Utara, namun disayangkan baru 1 tahun sudah rusak dan tidak layak ditempati atau digunakan oleh mahasiswa.

– Ada 20 orang mahasiswa yang tinggal di Asrama. Strata 1 (3 orang), Strata 2 (12 orang) dan Strata 3 (5 orang). Saat ini yang tinggal di Asrama menyisakan 4 orang karena 16 mahasiswa lainnya sementara waktu kembali ke Sulawesi Utara karena kondisi pandemi CVD.

– Mahasiswa berharap ada perhatian dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ditengah kondisi pandemi buat keberlangsungan hidup dan perkuliahan bagi mahasiswa yang mengambil studi diluar Sulawesi Utara.

– Bantuan berupa pembiayaan pendidikan, seperti Bea siswa atau Bantuan Studi Akhir saat menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi.

– Subsidi untuk biaya kuota internet, mengingat aktivitas perkuliahan dilakukan dengan metode online.

“Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Utara berkomitmen akan menindaklanjuti aspirasi mahasiswa terkait kondisi beberapa ruangan/kamar Asrama yang rusak atau tidak layak ditempati serta aspirasi soal Beasiswa dan Bantuan Studi Akhir untuk mahasiswa,” tegasnya.

Selain itu, Komisi IV menyayangkan kondisi beberapa ruangan/kamar yang baru di renovasi/perbaiki namun kualitas pengerjaan bangunan sangat rendah dan dengan tidak memperhatikan keamanan dan kenyamanan peserta didik yang tinggal di Asrama.

“Komisi IV akan berjuang maksimal dan mendorong Pemerintah Provinsi agar mengalokasikan anggaran Beasiswa dan Bantuan Studi Akhir bagi mahasiswa dan anggaran perbaikan beberapa ruangan Asrama dalam APBD Perubahan Provinsi Sulawesi Utara 2020,” tandas MJP, yang peduli  memperjuangkan aspirasi masyarakat. (Karel/**)

You must be logged in to post a comment Login