Komite Sekolah Harus Memiliki Otonomi Moral Individu

IMG_20171004_143003Manado,  Sulutlink.   Kementrian Pendidikan Nasional melalui Direktorat Pbinaan Pendidikan Keluarga melakukan Bintek Penguatan Karakter Komite Satuan Pendidikan SD & SMP  di Quality Hotel Manado (4 s/d  6 /10 ).

Bintek dubuka langsung Dra Mieke Tumbol,  S. Pd.  Kepala Pusat PAUD, & Pendidikan Masyarakat dan Balai PAUD & Pendidikan Masyarakat Propinsi  Sulut.
Menurut Mieke,  kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas komite sekolah dan menguatkan mutu Komite sekolah baik ditingkat satuan pendidikan SD dan SMP Total 72 orang, terdiri dari perwakilan Propinsi Sulut 38 orang dan Gorontalo 34 orang  Komite sekolah
Diharapkan para Komite seusai Bintek ini memiliki karakter kuat dengan kompetensi tinggi dalam kehidupan Berbangsa dan semakin perkokoh dalam menghadapi Persaingan global, penguatan karakter Bangsa sesuai gerakan Presiden Joko Widodo bidang pendidikan Karakter.

Diakui Mieke,  sejak 2010 lalu,  Pendidikan Karakter telah menjadi gerakan Nasional.  Dengan ciri utama Otonomi Moral Individu, sesuai evaluasi diri sendiri.

Secara universal, lembaga pendidikan perlu ada Otonomi Moral, yakni menilai diri sendiri program pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh guru dan komite masing-masing tingkat satuan pendidikan

Tumbuhkan semangat belajar, miliki karakter kuat dan mencintai Bangsa sendiri dapat diterpkan di sekolah masing-masing. Hadir juga sebagai nara sumber Nanik Suwaryani,  Ph. D  Kasubdid Pendidikan Anak & Remaja  Didbindikkel Kemendiknas. (jansen)

You must be logged in to post a comment Login