Kompipar Sulut: Pembuatan Perda Tentang Calendar of Event Pariwisata Manado Perhatikan Aspek Budaya

N.Raymond Frans Ketua Kompipar Sulut

 

Manado, sulutlink.com – Ketua Komunitas Pemerhati Pariwisata (Kompipar) Sulut N. Raymond Frans meminta pihak Dinas Pariwisata Manado dapat mempertimbangkan pembuatan Perda tentang Calendar of Event Pariwisata Manado yang di dalamnya salah satu eventnya adalah Manado Fiesta perlu memperhatikan aspek budaya yang ada saat ini.

“Jika memang hanya Perda tentang Manado Fiesta, maka yang perlu menjadi andalan kegiatannya, adalah budaya yang ada di Kota Manado saat ini,” jelasnya, disela-sela kegiatan Focus Group Discussion (FGD) II Penyusunan Naskah Akademik Penyelenggaraan Manado Fiesta Dinas Pariwisata Manado. Rabu (21/11/2018).

Dijelaskan Frans, dalam hal ini budaya etnis Minahasa, Bantik, dan Borgo yang selama ini hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat Kota Manado.

Diungkapkannya, Kota Manado saat terdapat banyak seni budaya Minahasa, seperti cerita Toar Lumimuut, dan lainnya, termasuk juga seni budaya Bantik, seperti Kabasaran, serta seni budaya Borgo, seperti Katrili dan Figura.

“Pada masa event Manado Fiesta, masyarakat Kota Manado wajib mengenakan busana khas Toar Lumimuut, atau busana khas Kabasaran, serta busana khas seperti yang menjadi khasnya Figura,” harapnya. (Sten’Ma68)

 

You must be logged in to post a comment Login