Korengkeng: Pengelolaan Keuangan Desa Harus Kedepankan Transparansi dan Akuntabilitas

Minahasa, sulutlink.com – Sekda Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSI atasnama Pemerintah Kabupaten Minahasa, menghadiri sekaligus menutup pelaksanaan Bintek Managemen Pemerintahan Desa bagi Hukum Tua di Kabupaten Minahasa tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan di Desa Tateli Mercuri hotel. Rabu, (22/05/2019).

Dikatakan Korengkeng, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan pemerintahan desa yang menuju good governance yang transparan akuntabel dan perintah kepada masyarakat menciptakan hukum tua yang handal terpercaya dan profesional.

” Bagi hukum tua yang saya hormati dan yang saya banggakan dalam rangka mewujudkan Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya berdaulat adil dan sejahtera. Tentunya beberapa program unggulan yang telah dilakukan demi menopang kesejahteraan masyarakat dukungan Pemerintah Desa melalui perencanaan yang terintegrasi dan pengembangannya melalui desa,” terangnya.

Sehubungan dengan itu, lanjut Sekda Korengkeng, kiranya Pemerintah Desa selaku penanggung jawab kegiatan di desa harus memahami hal-hal yang teknis administrasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengedepankan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa.

Dikatakannya lagi, sejauh ini masih banyaknya kegiatan yang didanai melalui APBD Desa, dan seringkali menjadi masalah yang berujung pada proses hukum sehingga harus lebih berhati-hati sesuai dengan data indeks desa membangun.

Diungkapkannya, pelaksanaan kegiatan di desa itu mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sebagai sumber pendapatan. Disamping juga, mendorong upaya untuk menggerakkan partisipasi dan gotong royong masyarakat.

” Disamping itu pula, saya mengajak kita semua untuk menyikapi hasil Pemilihan Umum serentak dan dalam pleno yang telah dilaksanakan KPU Pusat pada tanggal 21 Maret. Artinya siapapun yang terpilih adalah pemimpin bangsa. Saya berharap Pemerintah Desa dapat menjaga situasi yang kondusif di wilayah masing-masing dengan senantiasa memegang kuat persatuan dan kesatuan kerukunan antar sesama masyarakat,” harapnya. (ten)

You must be logged in to post a comment Login