Korupsi !!! Ini Pesan Moral Tokoh Agama Untuk Pejabat Pemkab Minsel

 Minsel, Sulutlink.com – Bahaya laten korupsi tentunya menjadi musuh bersama, bukan hanya aparat penegak hukum tapi juga publik di Kabupaten Minahasa Selatan.

Walaupun dalam setiap kesempatan Bupati Christiany Eugenia Paruntu,SE selalu mengingatkan kepada para pejabat di esalon II dan III serta IV untuk tidak melakukan korupsi, namun ada saja pejabat “nakal” yang didapati terlibat korupsi dan menjadi penghuni hotel prodeo.

Sontak saja ini menimbulkan rasa perihatin dari sejumlah tokoh agama di Minahasa Selatan dan ini pesan moral mereka.

Pdt Nelly Pasla, STh (Pendeta GMIM Kaneyan) mengatakan, banyak kali ditemui dalam ibadah di SKPD, Kepala Dinas atau Kepala Badannya tidak ada atau tidak hadir dan hanya diwakilkan pada staf pegawai saja yang ikut ibadah.

Ketua BKSUA Minsel Pdt Rio Tumbelaka,STh menilai, terindikasi yang paling banyak terjerat dalam kasus korupsi adalah mereka yang jarang ikut ibadah di SKPD.

Menurutnya, banyak kali Kadis atau Kaban yang ketika melihat akan dilakukan ibadah, langsung beralasan akan mengikuti rapat sehingga tak sempat ikut ibadah di SKPD yang dipimpinnya.

Disisi lain Sebastian Aman (Khatolik) menjelaskan, tidak ada anggota BKSUA yang menjadi khadim, lantas tidak menyadarkan pimpinan SKPD yang ada disitu, karena firman itu selalu mengarah pada perubahan mental.

Lain lagi dengan Pendeta Fungsional Pemkab Minsel Pdt Albert Mawey,STh yang berpendapat, memang tidak semua pejabat yang kurang peduli terhadap ibadah di SKPD.

Dia menilai, sebenarnya masih juga banyak Kadis atau Kaban yang masih sangat peduli dan aktif mengikuti ibadah – ibadah di SPKD, namun bukan jadi ukuran untuk tidak korupsi, namun kembali lagi ke moral pejabat itu sendiri.

Sementara itu Kabag Kesra Setdakab Minsel Ir Maxie Pattyranie berpendapat, pejabat yang terlibat korupsi mungkin yang bersangkutan walaupun ikut ibadah, tapi tidak mendengar akan firman yang diberitakan khadim dan tidak menjadi pelaku firman.(JoTam)

 

You must be logged in to post a comment Login