KPK Gaungkan Parpol Dibiayai Dengan Dana APBN

Jakarta,Sulutlink.com – Ketua KPK Agus Rahardjo saat diacara International Bussines Integrity Conference di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (4/12/2018) mengusulkan partai politik (parpol) dibiayai Pemerintah dengan dana APBN.

Menurut Agus Raharjo, terkait pemakaian anggaran APBN, itu harus diatur sistim auditnya dan ini akan gampang dikontrol penggunaan dananya.

“Memungkinkan jika parpol itu dibiayai oleh pemerintah, kemudian ada sistem audit yang masuk, sistem audit yang mungkinkan itu agar kita tahu itu dipergunakan untuk apa uang itu,”ucap Raharjo.

Dia menambahkan, dana yang diberikan Pemerintah bertujuan untuk mewujudkan demokrasi yang bersih, namun akan ada sanksi jika parpol menyelewengkan dana dari Pemerintah tersebut.

Dia juga mengingatkan, apabila didapati ada parpol yang melanggar maka akan dikenai sanksi seperti dikeluarkan atau terkena diskualifikasi tak bisa ikut Pemilu.

Bahkan diacara Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, beberapa parpol dilibatkan dalam penandatangan pakta integritas dan ini disaksikan pimpinan KPK seperti, Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Saut Situmorang dan Laode M Syarif, yang terlihat ikut mendampingi perwakilan parpol menandatangani pakta integritas itu.

Parpol – parpol yang hadir adalah, PDIP, Golkar, Demokrat, NasDem, PKB, Partai Gerindra, Hanura, PAN, PPP, PKPI, PSI, Partai Garuda, Partai Berkarya dan Partai Perindo.(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login