KPU Perkenalkan SIREKAP: Yessy Momongan, Penyelenggara Pahami Penggunaan

biro2kpu.nov.26.2020

KPU – Sulutlink – Perkenalkan Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) adalah alat bantu cerdas merampungkan hasil pemungutan penghitungan suara pada Pilkada sulawesi utara 9 Desember 2020, dan bekerjasama dengan 15 KPU kabupaten/kota bahkan telah melakukan uji coba nasional rekapitulasi perolehan suara secara berjenjang dimulai sejak, Selasa (24/11) hingga hari ini Kamis (26/11/2020)

Pemerintah Provinsi Sulut mengapresiasi upaya KPU Sulut sepanjang agenda di kabupaten dan kota

Pjs Gubernur Sulut, Dr. Agus Fatoni mendukung penuh KPU Sulut dan jajaran saat memperkenalkan SIREKAP, guna mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak provinsi sulawesi utara 9 desember tahun 2020 di tengah pandemi covid-19

“Kesukseskan pesta demokrasi merupakan kebanggaan seluruh rakyat Sulawesi Utara,” kata Agus Fatoni yang ikut hadir di Kantor KPU Kota Kotamobagu.

Kami terus berupaya secara maksimal memberikan penjelasan kepada penyelenggara di semua tingkatan kabupaten maupun kota untuk memahami tentang Uji coba penggunaan ‘SIREKAP’ kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Sulut, Yessy Momongan saat memaparkan materinya pada workshop KPU bersama stakeholder, pers di Mercure Hotel, baru-baru ini.

Hal tersebut mengantisipasi guna meminimalisasi kesalahan penghitungan dan rekapitulasi suara.

Lanjut Momongan, Uji coba digelar bagi daerah yang melakukan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Masing-masing kabupaten/kota di 12 TPS dengan simulasi pengisian formulir model C Hasil-KWK, Simulasi oleh petugas KPPS secara manual. Kemudian dilanjutkan dengan proses foto dokumen sampai pengiriman hasil foto formulir model C,” jelas Momongan.

Tambah Momongan, Hasil KWK Simulasi ke server Sirekap Pemilihan 2020 menggunakan aplikasi Sirekap Mobile (versi Beta).

Setelah proses itu, berlanjut dengan rekapitulasi tingkat kecamatan oleh PPK.

Sementara level kabupaten/kota dan provinsi menggunakan aplikasi Sirekap Web.

“Seluruh proses di setiap penyelenggara, ini dapat dipantau langsung menurut laporan perkembangan input data oleh KPU RI,” pungkas Momongan (***)

sumber: KPU SULUT

You must be logged in to post a comment Login