KPU Sulut Gelar Rapat Evaluasi Keterbukaan Akses Informasi dan Peran Kemitraan Media Masa

adm2.kpu.edc.24.02.2021

Foto: Moderator Kasub Rudi Lalonsang (kiri) Komisioner KPU Salman Saelangi (tengah) Nara Sumber Ferianto Majoa (kanan)

Manado, sulutlink.com –  Dalam rangka penyusunan buku yang isinya  memuat rangkuman berita berita terkait penyelenggaraan pilkada di Sulawesi Utara  tahun 2020, KPU Sulut menggelar rapat evaluasi dengan mengundang nara sumber berkompeten mengedukasi peserta dan sosialisasi hal-hal yang berkaitan dengan pembahasan materi penyusunan buku pinter KPU yang memuat berita-berita dan informasi seputar penyelenggaraan pilkada di provinsi sulawesi utara tahun 2020.

Moderator pengarah kegiatan dipandu Kasub Teknis dan Humas Rudi Lalonsang yang diikuti sejumlah media pers Rabu (24/02/2021) di Sutan Raja Hotel Minahasa Utara.

Dalam pengarahannya Komisioner KPU  Salman Saelangi mengatakan, media memberikan peran sangat penting saat pelaksanaan pilkada serentak 2020.
“Kemitraan antara media dan KPU memberi dampak yang sangat positif terhadap suksesnya pelaksanaan pilkada di Sulut,” ungkapnya

Lanjut Salman,  peran media adalah menjadi indikator utama yang mampu mendorong tingginya partisipasi masyarakat. Bahkan tingkat partisipasi masyarakat  di Sulut yang tertinggi di Indonesia. 

KPU juga berencana untuk membukukan semua berita mengenai tahapan pilkada sehingga akan meninggalkan jejak untuk pilkada ke depan,” beber Salman

Salman berharap apa yang dilakukan KPU saat ini bisa menjadi barometer pada pelaksanaan pilkada berikut.
“Nantinya jika sudah dibukukan bisa jadi ukuran, barometer penyelenggara pemilu untuk kedepan melaksanakan pilkada,” tandasnya

Sementara itu nara sumber yang juga mantan Komisioner KPU Gorontalo Ferianto Majoa membagi pengalamannya sepanjang menjadi seorang penulis berita. Dari modal itulah yang menjadi ukuran dalam mengembangkan bakat wartawan.
Tentu melalui kegiatan rapat evaluasi, menyatakan  ikut mendorong terbitnya buku mengenai berita selama jalannya tahapan hingga pilkada selesai.

“Saya kira ini merupakan terobosan yang luar biasa dan bisa dibuat oleh KPU Sulut,” pungkasnya (Karel)

You must be logged in to post a comment Login