Kunker ke Kemendikbud, DPRD Sulut Berharap Pemprov dan 15 Kab/Kota Segera Selesaikan PPKD

Kunjungan Komisi IV DPRD Sulut di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta

Manado, Sulutlink.com – Dalam rangka konsultasi dan koordinasi perihal Pemajuan Kebudayaan Cagar Budaya di Provinsi Sulawesi Utara, Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Utara berkolaborasi bersama lintas Komisi kunjungan kerja ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Jakarta.

Ikut dalam Kunker tersebut;  Sekretaris Komisi IV Jems Tuuk,  Anggota  Melky Pangemanan,  Melisa Gerungan,  Hilman Idrus, Anggota Komisi II Nick Lomban dan Anggota Komisi I Herol Kaawoan.

Maksud kunker dalam rangka membicarakan tentang  Pemajuan Kebudayaan yang  berpedoman pada Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kabupaten/Kota,  Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Provinsi, Strategi Kebudayaan yang disusun berdasarkan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah dan Kongres Kebudayaan serta Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan.

Maksudnya agar strategi pemajuan kebudayaan bisa menjadi dasar perumusan Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan yang menjadi acuan utama dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Pendek, Menengah, dan Panjang di bidang kebudayaan dalam pembangunan nasional dipandang sangat strategis dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

PPKD sangat penting dalam merumuskan strategi pemajuan kebudayaan yang berasal dari masing-masing wilayah di tanah air. Penyusunan PPKD tingkat provinsi ini harus berdasarkan PPKD tingkat kabupaten/kota.

DPRD Sulut pun mengharapkan pemerintah provinsi Sulawesi Utara dan 15 Kabupaten/Kota dapat segera menyelesaikan PPKD yang berisi data kondisi faktual obyek pemajuan kebudayaan, permasalahan yang dihadapi daerah dalam upaya pemajuan kebudayaan dan rekomendasi penyelesaiannya. (Karel)

You must be logged in to post a comment Login