Kunker Komisi IV di Bogor, Braien: Beasiswa, Asrama Perlu Dukungan APBD Sulut

Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Sulut di Bogor Provinsi Jawa Barat

Manado, Sulutlink.com – Kunker Komisi IV DPRD Sulut ke Asrama Mahasiswa Sulut di Bogor, Jawa barat, dalam rangka  melihat perkembangan keberadaan para mahasiswa yang melanjutkan studi sekaligus melihat keadaan dan kondisi bangunan asrama dengan target lokasi kunjungan yaitu di Asrama Sam Ratulangi Bogor Baru I dan Bogor Baru II.  

Adapun rombongan Komisj  IV  DPRD Sulut berangkat dari Bandara Internasional  DR. Sam Ratulangi Manado,  dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Braien Waworuntu, didampingi Sekretaris Komisi Julius Jems Tuuk, Anggota Komisi Melky Pangemanan, Hilman Idrus, Melisa Gerungan dan Yusra Alhabsyi dan mendapat pendampingan dari Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang ada di Jakarta.

Komisi IV DPRD Sulut bertemu dengan para mahasiswa yang menuntut ilmu di Bogor, mereka (mahasiswa) yang menghuni Asrama Mahasiswa Sam Ratulangi Bogor Baru II berjumlah 4 orang dengan data total kamar yang tersedia di Asrama 19 kamar, 18 kamar untuk peserta didik dan 1 kamar tamu.

Ruangan kamar yang masih layak untuk dihuni berjumlah 8 kamar sedangkan 9 kamar sudah tidak layak/rusak parah.

Penghuni Asrama Mahasiswa Sam Ratulangi Bogor Baru I berjumlah 4 orang. Total kamar yang tersedia di Asrama 11 kamar, 10 kamar untuk peserta didik dan 1 kamar tamu.

Terungkap kondisi ruang tamu sudah  sangat memprihatinkan (atap bocor) dan 5 kamar mandi yang tersedia,  semuanya dalam keadaan  kondisi tidak layak. Selain itu beberapa kamar peserta didik juga dalam kondisi sudah rusak ringan.

Dari ungkapan mahasiswa melalui kunjungan komisi IV,  mereka berharap minta  perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, apalagi ditengah kondisi pandemi covid-19 keberlangsungan pendidikan mahasiswa yang mengambil studi diluar Sulawesi Utara harus jalan dengan baik

Selain itu berharap perhatian bantuan berupa pembiayaan pendidikan, seperti beasiswa atau Bantuan Studi Akhir saat menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi.

Dari keseluruhan informasi yang diperoleh Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Utara menyimpulkan mengapresiasi seluruh aspirasi mahasiswa.

” kami  berkomitmen dan segera  menindaklanjuti aspirasi seluruh masukan dan keluhan  mahasiswa terkait kondisi bangunan Asrama yang rusak atau tidak layak ditempati serta aspirasi soal Beasiswa dan Bantuan Studi Akhir untuk mahasiswa,” kata Braien.

Lanjutnya, Komisi IV pun prihatim dengan kondisi beberapa ruangan (kamar/kamar mandi) yang tidak layak digunakan. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan peserta didik yang tinggal di Asrama.

Komisi IV  tidak tinggal diam, kata Braien, kami akan berjuang secara maksimal dan akan mendorong Pemerintah Provinsi Sulut perlu  mengalokasikan anggaran Beasiswa dan Bantuan Studi Akhir bagi mahasiswa,  disamping itu perlu perhatian pemprov sulut anggaran perbaikan/renovasi Asrama mahasiswa melalui APBD Provinsi Sulawesi Utara.

Selain itu Komisi IV  menyarankan kepada  Badan Penghubung Provinsi Sulawesi Utara yang ada di Jakarta untuk  rutin mengawasi aktifitas di setiap Asrama milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.  

Komisi IV  berharap  setiap  mahasiswa yang tinggal di Asrama,  agar menjaga dan memelihara (ibarat rumah sendiri. red),  keberadaan aset milik daerah yang ada di asrama yang dihuni oleh mahasiswa Sulawesi Utara.

You must be logged in to post a comment Login