Kunker Walikota Tomohon Bersama Forkominda di Kamojang

Walikota Jimmy F Eman SE Ak, Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan bersama Forkopimda melakukan kunjungan kerja ke Pertamina Geothermal Energi Area Kamojang yang berlokasi di Kabupaten Garut dan disambut oleh Bupati Garut Bapak H Rudy Gunawan SH MH MP. Dalam sambutannya Bupati Garut memperkenalkan potensi yg dimiliki oleh Kabupaten Garut dan ungkapan rasa senang dan bangga dengan kunjungan kerja yang dilakukan oleh Pemerintah dan Forkopimda Kota Tomohon.

kamojang 3Saat melakukan kunjungan lapangan di PGE Area Kamojang yang diterima langsung oleh General Manajer PGE Area Kamojang yang menjelaskan tentang panas bumi dan pemanfaatannya sampai menjadi listrik. Selain itu dijelaskan pula bahwa panas bumi di Kamojang mempunyai karakteristik tersendiri yaitu panas bumi yang kering 100% dan berbeda dengan panas bumi yang berada di Lahendong Kota Tomohon.

Walikota Tomohon yang didampingi Ibu Wakil Walikota dan para asisten serta kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, pada kesempatan tersebut menimbah ilmu dan saling berbagi informasi seputar pengelolaan panas bumi yang didalam menyangkut ketenagakerjaan, pengelolaan lingkungan dan tanggung jawab sosial perusahan (CSR) bagi masyarakat sekitar serta dampak luas hadirnya energy panas bumi.

Selanjutnya dalam kunjungan ini Pemerintah Kota Tomohon memperoleh banyak informasi dan manfaat dari pengelolaan energy baru dan terbarukan yang didalamnya menyangkut Perhitungan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahan yang diperuntukkan bagi daerah yang menjadi lokasi explorasi perusahan panas bumi yang dilihat dari berbagai aspek, sistem perekrutan tenaga kerja local, pengelolaan dan pengembangan potensi masyarakat dan lingkungan serta peran aktif dan keterlibatan Pemerintah daerah, bersama masyarakat sekitar wilayah explorasi serta pengamanan dan faktor-faktor lainnya.

Begitupula dengan pengelolaan energy panas bumi dengan dampak ekonomi yang baik melalui terciptanya ketahanan energy yang selanjutnya menjadi pemicu dalam pengembangan daerah-daerah tujuan wisata yang saling berkaitan dengan hadirnya energy panas bumi yang ramah lingkungan dan terbarukan. Hadirnya pengelolaan energy baru terbarukan yang secara berkesinambungan tentu bermuara langsung pada peningkatan kualitas hidup serta terciptanya kreativitas masyarakat yang berdampak pada peningkatan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat yang semakin banyak dan meningkat.

You must be logged in to post a comment Login