Kurangi Karbohidrat Untuk Jantung Sehat

Manado,  Sulutlink.   Jantung sebagai bagian vital organ tubuh manusia, kesehatannya sangat penting  untuk dijaga melalui mengurangi asupan Karbohidrat pada menu makanan kita.

Hari ini Jumat (13/10 ), bertempat di Hotel Peninsula Manado,  Yayasan Jantung Indonesia Propinsi Sulawesi Utara memberi edukasi tentang pola makan yang benar untuk kesehatan jantung kita.

dr.  Kartika Devi Tanos,  MARS Ketua Yayasan Jantung Indonesia Sulut berinisiatif melaksanakan Seminar sehari tentang Kesehatan Jantung menghadirkan Prof. Dr.  dr. Starry H.  Rampengan, SP. JP(K), FIHA,  MARS ahli jantung dari UNSRAT Manado.

Menurut Prof.  Satrry, salah satu penyebab  Sakit Jantung adalah Diabetes akibat pola makan yang salah, seperti terlalu berlebihan konsumsi Karbohidrat.  Maka disarankan untuk mengurangj asupan Karbohidrat dalam makanan sehari-hari sebagai penyebab Diabetes.

Menurut dr.  Kartika Devi Tanos,  MARS juga Wakil Ketua TP-PKK PKK Sulut.  Pihak Pemerintah Propinsi Sulut bersama TP-PKK telah mencanangkan Gerakan Makan Tanpa Nasi ( Gentanasi ) beberapa waktu lalu, dinilai sanagat tepat dengan seminar hari ini oleh Yayasan Jantung Indonesia Sulut.

Chef Juna,  yang ikut melakukan demo masak menu sehat pada acara ini , juga memberi tip bagai mana menyajikan menu rendah Karbohidrat dan lemak untuk kesehatan jantung kita.

Kata Chrf Juna,  janganlah kita menumpuk Karbohidrat terlalu banyak dalam tubuh terutama saat menyajikan menu setiap hari.  Harus diimbangi, kalau makanan telah mengandung tepung atau umbi-umbian, maka tidak perlu lagi makan nasi.

Seminar kali ini yang dirangkai dengan Hari Jantung Sedunia,  juga menghadirkan Testimoni dari penderita sakit jantung dan telah berhasil menggalang dana kemanusiaan bagi penderita sakit jantung yang ekonominya lemah.

Turut hadir dalam kegiatan ini,  dr.  Debby Kalalo Kadis Kesehatan Sulut.  Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia,  Istri – istri FKPD Sulut,  Organisasi Wanita,  dan seluruh Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Sulut diantaranya,  dr.  Kartika Devi Tanos,  MARS,  Sherly Sompotan (Wakil Walikota Tomohon, Istri Walikota Bitung,  dan istri Wakil Walikota Manado. (jansen)

 

You must be logged in to post a comment Login