LANTAMAL VIII DAN JAJARAN TANAM 17.000 BIBIT MONGROVE

Manado, Sulutlink.com – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII dan jajaran melakukan penanaman bibit mongrove dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI.

“Penanaman mangrove tersebut dilakukan secara serentak pada hari ini,” kata Kepala Dinas Penerengan Lantamal VIII Mayor Laut (KH) M Samuel Pontoh, di Manado, Senin.

Ia menambahkan jajaran Lantamal VIII terdiri dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, Lanal Melonguane, Lanal Gorontalo dan Lanal Tolitoli.

Penanaman belasan ribu pohon mongrove dikemas dengan tema “Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita”.

Dari 17 ribu bibit mangrove Lantamal VIII melakukan penanaman 4.500 bibit yang dilakukan di Pantai Tongkaina Kecamatan Bunaken Kota Manado.

Penanaman itu melibatkan 700 personel yang terdiri dari gabungan TNI-Polri, unsur maritim, pemerintah daerah, Lembaga Sosial Kemasyarakatan, pelajar SMP Hang Tuah Kairagi dan masyarakat.

Sedangkan Lanal jajaran Lantamal VIII sendiri yakni Lanal Tahuna menanam 3.000 bibit dengan melibatkan 250 personel di Pantai Pertamina Tapuang Tahuna Timur Kabupaten Sangihe, Lanal Melonguane menama 2.000 bibit melibatkan 200 personel di Pantai Kiama Induk Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Kemudian Lanal Tolitoli menanam 5.000 bibit melibatkan 260 personel di Pantai NTB Tobele Kalangkangan Galang Kabupaten Tolitoli serta Lanal Gorontalo menanam 2.500 bibit melibatkan 500 personel di Pantai Kwandang Dusun Okimo Kabupaten Gorontalo Utara,” katanya.

Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, dalam sambutan dibacakan Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu mensukseskan program pemerintah dalam menjaga kelestarian ekosistem laut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Serta untuk mempromosikan kemanunggalan TNI dan rayat, mengajak seluruh elemen masyarakat agar terus meningkatkan kepekaan dan kepedulian akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hutan yang ada,” katanya saat melakukan penanaman di Tongkaina Manado.

Ia mengatakan kegiatan ini juga merupakan wahana untuk mempereat tali silaturahmi antara Prajurit TNI, Lantamal VIII dengan instansi terkait dan masyarakat.
Menyambut baik kegiatan seperti ini, karena sebagai bentuk tanggung jawab serta kepedulian kita bersama untuk tetap menjaga dan terus melestarikan kekayaan alam Indonesia khususnya kekayaan hutan mangrove yang berada di Provinsi Sulawesi Utara.

Penanaman di Pantai Tongkaina Bunaken tersebut dihadiri antara lain pejabat TNI Polri di Sulut, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Manado. (ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login