Lantang: Jadi Nara Sumber Diklat BPK, Presentasi Materi Bertajuk Keprotokolan

Pemprov, Sulutlink.com – Diklat yang diikuti jajaran ASN dilingkup BPK Provinsi Sulut ini, Kepala Biro Protokol dan Humas Setdaprov Sulawesi Utara (Sulut) Dantje Lantang, menjadi narasumber pada kegiatan Diklat Pengelolaan Administrasi Umum dan Keprotokolan yang diprakarsai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulut.

“Lantang bawakan materi bertajuk keprotokolan.

Lantang melalui presentasi materinya, menjelaskan setiap acara dalam pemerintahan butuh pengaturan keprotokolan yang merupakan seperangkat sistem untuk menjamin martabat negara di dalam penyelenggaraan acara.

Menurut Lantang, keprotokolan itu sendiri sebagaimana termaktub dalam amanat Undang-undang Nomor 9 Tahun 2010, merupakan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.

“Untuk menjadi seorang petugas protokol, yang mumpuni dibutuhkan beberapa persyaratan diantaranya percaya diri, mengetahui teknis keprotokolan, mampu mengambil keputusan cepat dan tepat, mampu berkomunikasi dengan baik, memahami karakter dan kebiasaan stakeholder, mengerti arti pentingnya pelayanan, kebersihan dan pengamanan serta berpenampilan baik dan rapih,” ungkapnya.

Lantang, juga menekankan peran insan keprotokolan untuk mengetahui karakter tiap orang khususnya pimpinan. Keberhasilan keprotokolan akan membuat instansi/kementerian/lembaga diperhatikan oleh stakeholder,” tambah Lantang

Disamping itu, Lantang memaparkan prinsip-prinsip umum keprotokolan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo dan ODSK yakni Cepat atau Responsif, Tepat, Aman, Nyaman, Sederhana, Efisien dan Dinamis. (*)

redaksi2Supit September 8 2019

You must be logged in to post a comment Login