Laoly dan Kandouw: Tinjau Perbatasan Ujung NKRI Sekaligus Resmikan Monumen Megawati Soekarno Putri

DEPROV SULUTLINK.com – Kunjungi perbatasan RI – Filipina, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusi Republik Indonesia Yasonna Laoly dan Wakil Gubernur Sulut Steven O E Kandouw resmikan Monumen Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri, di Pulau Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud, Kamis (11/04/2019).

Menkumham beserta rombongan langsung gelar tatap muka dengan masyarakat setempat.

“Menkumham mengungkapakan rasa kegembiraanya karena kunjungan keperbatasan merupakan satu kehormatan besar baginya bisa melihat langsung kondisi di daerah paling utara Republik Indonesia, betapa besar dan kayanya Republik ini,” tutur Menkumham.

Laloy, menyampaikan kepada petugas-petugas yang menjaga perbatasan, baik dari TNI Polri maupun petugas imigrasi, mengucapakan terima kasih komitmen untuk menjaga NKRI betul-betul, hal itu merupakan sumbangan terbesar bagi Negara.

Disela-sela kunjungan keperbatasan Menkumham sempat berdialog dengan masyarakat, dirangkaikan dengan uoacara peresmikan Monumen Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri yang dibangun di pulau Miangas.

Monumen Megawati ini merupakan penjabaran dari salah satu point Nawa Cita pembangunan bangsa yang terus digaungkan pemerintah pusat khususnya point ketiga, “membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.”

Peresmian Monumen ini merupakan spesial treatment oleh pemerintah pusat yang memang dibutuhkan dalam membangun kawasan perbatasan, karena sangat disadari mengelola dan mengembangkan kawasan perbatasan tidak boleh hanya dilakukan melalui pendekatan keamanan, namun juga harus menggunakan pendekatan lingkungan dan pendekatan kesejahteraan.

Sejalan dengan itu, dari aspek dampak dan manfaat kehadiran monumen ini diharapkan mampu mempertegas bahwa Miangas adalah beranda atau garda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Menkumham juga memberi apresiasi yang tinggi kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kepulauan Talaud yang telah berupaya melanjutkan pembangunan monumen yang telah dicanangkan oleh Presiden RI ke-5 ini.

Kiranya melalui Monumen yang diresmikan saat ini, selalu di rawat, sehingga menjadi sarana penunjang setiap aktivitas kehidupan bermasyarakat, serta menunjang kegiatan dalam pemberian kontribusi terhadap proses pembangunan daerah, bangsa dan negara.

Wagub Steven O. E. Kandouw menyampaikan terima kasihnya kepada Menkumham RI yang telah mengunjungi langsung pulau Miangas, bisa melihat langsung aktifitas kehidupan masyarakat di perbatasan (NKRI). Menkumham diakhir kunjungan ke perbetasan (NKRI), menyerahkan bantuan bagi pembangunan di kepulauan terluar di Miangas (rilis BS)

Edit: Kta 09
April 11 2019

You must be logged in to post a comment Login