Laporkan Kunker Komisi IV: Kemenpar Kucurkan Rp. 773,71 M Pembangunan KEK Pariwisata Likupang

DEPROV, Sulutlink.com – Ditetapkanya Provinsi Sulawesi Utara salah satu daerah tujuan, Presiden Jokowi menyatkan, KEK LIKUPANG dijadikan sebagai kawasan pariwisata unggulan oleh karena berlatar belakang berbagai keunggulan khusunya destinasi wisata dengan kearifan lokal secara alami membuat Sulut mendapat perhatian khusus Pemerintah Pusat.

Ini alasan Komisi IV DPRD Sulut lakukan kunjungan konsultasi dalam rangka meminta petunjuk dan arahan Kementerian Pariwisata, guna mendorong percepatan infrastruktur pariwisata yang ada di Sulawesi Utara (SULUT)

TIM Komisi IV DPRD Sulut dipimpin Ketua BRAIEN WAWORUNTU berdialog dengan Kementerian Pariwisata RI

Konsultasi dilakukan sejalan dengan program OD-SK, Sulut Hebat, Sulut Maju, sehingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara ditetapkan menjadi destinasi wisata super prioritas oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

KEK ini digadang-gadang mampu mendatangkan kunjungan wisatawan setiap tahun.

“Dalam pertemuan kami, Pemerintah Pusat telah menyiapkan dukungan anggaran dari Kementerian dan Lembaga untuk destinasi super prioritas pada tahun 2020 sebesar Rp 773,71 miliar,” ungkap Ketua Komisi IV DPRD Sulut, Braien Waworuntu (28/10/2019).

Untuk itu melalui Pemerintah Pusat menyatakan akan membenahi infrastruktur pelabuhan yang ada di sekitar kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang dengan anggaran sebesar 100 miliar.

“Proses Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang merupakan yang tercepat, dalam waktu hanya 7 bulan yang biasanya memakan waktu 1,5 tahun,” papar Waworuntu.

Waworuntu mengemukakan bahwa Pemerintah juga siap mendukung pengembangan infrastruktur pendukung lainnya, seperti jalan dan bandara yang landasannya diperpanjang hingga 2899 meter memenuhi standard penerbangan internasional.

Kunjungan Tim Komisi IV ke Kementrian Pariwisata, dipimpin Ketua Komisi IV Braien Waworuntu, Wakil Ketua Komisi IV Careig Runtu, Sekretaris Fransiskus Silangen, dan Anggota Melisa Gerungan, Fanny Legoh.

redaksi2Supit Oktober 28 2019

You must be logged in to post a comment Login