LPM TOMOHON PELAJARI PENGELOLAAN PARIWISATA KUTA-BALI

DPD LPM Kota Tomohon foto bersama dengan pengurus LPM dan Pemerintah Kelurahan Kuta, Kabupaten Badung. ANTARA/HO-Humas LPM

Bali, 10/10 Sulutlink – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) belajar pengelolaan pariwisata Kuta, Kabupaten Badung, Bali dalam studi tiru yang dilaksanakan sejak Selasa (8/10).

“Kami ingin mencari informasi bagaimana LPM mengambil peran dalam pengelolaan sektor pariwisata di sini (Kelurahan Kuta),” sebut Ketua DPD LPM Kota Tomohon Dr Rooije Rumende di Kantor Kelurahan Kuta, Badung, Bali, Kamis.

Menurut Rooije, sektor pariwisata dapat berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan Kota Tomohon.

LPM sebagai mitra kerja pemerintah, kata Ketua Jurusan FMIPA Unsrat Manado itu, ikut mengambil peran bagaimana mewujudkan “goal” itu.

“Ada banyak hal yang bisa kami dapat ketika berdiskusi dengan LPM di sini, pemerintah kelurahan serta pemangku kepentingan terkait,” ujarnya.

Rooije mencontohkan, bagaimana LPM ikut mengelola perparkiran yang ada di hotel atau destinasi-destinasi wisata.

Selain itu, LPM juga ikut mengambil peran menentukan kuota tenaga kerja yang direkrut di hotel atau restoran yang ada di kawasan Kuta.

Dana yang dihimpun dari berbagai sumber tersebut pada akhirnya juga akan dikembalikan untuk memberdayakan masyarakat melalui berbagai program dan kegiatan semisal promosi iven pariwisata serta peningkatan kapasitas lainnya.

“Ini adalah contoh-contoh positif bagaimana kemitraan antara LPM dengan pemerintah, sektor swasta ikut memberdayakan masyarakat. Hal ini juga yang barangkali bisa dipaduserasikan dengan program pemerintah Kota Tomohon,” sebutnya.

Studi tiru ke Kabupaten Badung diikuti oleh Dr Rooije Rumende SSI MKes (Ketua DPD), AKP Djonny Rumate SSos (Wakil Ketua), Dr Yongker Bali ST MT (Wakil Sekretaris DPD), Nova Paat (Bendahara DPD), Sandra Solang (Ketua DPC LPM Tomohon Tengah), Stenly Kalele (Bendahara DPC LPM Tomohon Timur), Merry Mende (Sekretaris DPC LPM Tomohon Timur), Jossy Lumi (Sekretaris DPC LPM Tomohon Tengah), Adriana A Makalew (Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosbud dan Ormas Kesbangpol).(ANT/RT)

You must be logged in to post a comment Login