stats
for wordpress

Luar Biasa… ! Seorang Dokter Ciptakan SIK@DOgo Di Kabupaten Sitaro


IMG_20170720_181336_Burst07Sulutlink, Manado.   Inovatif  Layanan Publik SIK@DOgo dari Kabupaten Kepulauan Sitaro ternyata dilahirkan dari tangan seorang dokter yang biasanya mengurus orang sakit.

SIK@DOgo adalah Sistem Informasi Kas Daerah di Dinas Keuangan dan Asset Kabupaten Sitaro.  Merupakan kolaborasi antara program SIMDA dan program Sistem Kas Daerah yang dirancang secara On Line yang terkoneksi dengan Bank Sulutgo Cabang Kabupaten Sitaro.

Akhirnya SIK@DOgo mendapat perhatian oleh Tim Juri Hilda Tirayoh, SH, Ketua Ombusment Sulawesi Utara, dalam lomba Inovasi Layanan Publik yang digagas oleh Biro Orpeg Pemerintah Propinsi Sulut di Manado Town Aquare ( Mantos -2) hari ini Kamis (20/7).

dr. Samuel Raule,  M.Kes, Kepala Dinas Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro, dalam persentasi di hadapan Juri, sedikit menceritrakan kesulitan komunikasi dan transportasi karena kondisi geografis,  saat berurusan keuangan antara Pemerintahnya dengan Bank Sulutgo yang terpisahkan Gunung, saat menggunakan sistem manual.

Akhirnya situasi sulit ini melahirkan gagasan brilian dengan konsep SIK@DOgo , yang dapat mempercepat,  Akurat,  Efektif dan Efisien dalam pengelolaan Keuangan Daerah serta memberi kemudahan layanan pada masyarakat.

Jika semua dokumen persyaratan keuangan lengkap semuanya, maka dalam tempo maximal 30 menit uang telah cair direkening penerima di Bank Sulutgo Cabang Siau, yang sebelum sistem ini dijalankan biasanya butuh berhari-hari untuk proses pencairan dana.

Ditambahkan mantan Kadis Kesehatan dan Kepala Bapeda ini,  apabila dalam proses verifikasi dokumen secara manual ternyata ada kekurangan persyaratan,  maka akan muncul dilayar monitor bertuliskan warna merah dengan keterangan dokumen tidak lengkap dan dapat dipantau langsung pada layar lebar di Kantor Dinas Keuangan.

Dari seluruh Kabupaten / Kota dan Propinsi Sulawesi Utara,  maka Kabupaten Kepulauan Sitaro yang pertama menerapkan konsep ini dengan ditampilkan pada layar lebar,  sehingga siapa saja dapat melihat sendiri perjalanan dokumen pencairan keuangan yang diurusnya hingga uang masuk ke rekening penerima. (jansen)

 

 

Rate This Page

You must be logged in to post a comment Login