Maindoka: Soal Bencana, BPBD Minsel Terus Bersinergi Dengan Pemerintah

Minsel, Sulutlink.com. Kepala BPBD Kabupaten Minahasa Selatan, DR. M  MAINDOKA M.Si, terus melakukan koordinasi dengan  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat guna melakukan antipasi erupsi dan patahan di wilayah Minahasa Selatan.

Menurut Maindoka, hingga saat ini, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Bupati Minsel, DR. Christiany E. Paruntu, SE, dalam penanganan bantuan bencana gempa dan tsunami Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah. Secara rutin Bupati memintah laporan perkembangan bantuan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan di Sulawesi Tengah.

“Hingga saat ini (senin,08/10) bantuan yang sudah  masuk dan terkumpul di gudang mencapai 120 ton yang terbagi beberapa item.” imbuh Maindoka.

Lanjut Maindoka, berkaitan dengan apa yang baru-baru ini terjadi, yaitu erupsi Gunung Soputan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan  BNPB,  guna mengantisipasi erupsi dan patahan Sulawesi.

“Pihak BNPB telah menyarankan agar pihak BPBD Minsel supaya segera mengajukan proposal untuk melaksanakan berbagai kegiatan seperti simulasi bencana alam dan tsunami di daerah.”ujar Maindoka.

Hal ini bertujuan agar masyarakat benar-benar dapat memahami bagaimana caranya menghindari (melindungi diri) jika terjadi bencana serta dapat menghadapi bencana.

(Rulan Palit)

You must be logged in to post a comment Login