Manado Ikuti Pra Iven Smart City Forum di Bandung

manado 160816Ditetapkannya Visi Manado Kota Cerdas 2021 oleh Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut dan Wakil Walikota, Mor Dominus Bastiaan, membuat Kota Manado perlu mempersiapkan berbagai hal penting, termasuk alih teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya adalah beradaptasi dengan berbagai kemajuan sistem Smart City yang dilaksanakn kota-kota di seluruh Indonesia.

Mengantisipasi prakondisi tersebut, Kota Manado ikut mengirimkan delegasi sebagai peserta Pra Event Indonesia Smart City Forum @Bandung yang dilaksanakan Senin 15 Agustus 2016 di Hotel La Grande Merdeka Bandung.
Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kota Bandung, Dr. Asep Cucu Cahyadi, M.Si, mengemukakan bahwa Pra Event merupakan persiapan teknis terkait dengan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam rangka Smart City. “Pembangunan Smart City memerlukan tata kelola yang baik, serta biaya yang sangat besar. Kondisi ini mengakibatkan diperlukannya sharing pengalaman dan sharing teknologi sehingga dapat menciptakan efisiensi anggaran. Indonesia Smart City Forum @Bandung sendiri akan dilaksanakan pada 2 – 3 September 2016 dengan menghadirkan kolaborasi dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, Perguruan Tinggi, Pelaku Industri di Bidang TIK dan Telekomunikasi,” ujar Dr. Asep.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan Pra Event Indonesia Smart City Forum @Bandung, Ridwan Kamil, Walikota Bandung, Dr. Ferry Firmansyah, Direktur Eksekutif Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (WanTIKNas) yang membawakan materi Guidline e-Government, serta Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kota Bandung, dan Kepala Bidang Telematika Dinas Kominfo Kota Bandung yang memandu Arah dan Tahapan MoU / PKS juga SOP Pertukaran Aplikasi. Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan dari pendukung acara yang diwakili oleh Yoyok Suyono dari Siemens Indonesia.

Kota Manado sendiri dalam kegiatan ini mengikutsertakan delegasi yang dipimpin Kepala Dinas Kominfo, Yohanis B. Waworuntu, didampingi Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi dan Telematika, Heintje Lombone, dan Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Jasa Komunikasi Franky Mocodompis. Sementara dari 15 kabupaten/kota di Sulawesi Utara, hanya Manado dan Kota Kotamobagu yang mengikuti Pra Event dan kemungkinan besar kepala daerahnya mengikuti Indonesia Smart City Forum @Bandung awal September nanti.

You must be logged in to post a comment Login