Mantiri: Dibalik Kemajuan Teknologi Memungkinkan Pergeseran Perilaku

Sulutlink.com, Bitung. Kemajuan teknologi tak selamanya membawa manfaat yang baik bagi individu sehingga butuh literasi agar warga bisa menggunakan produk teknologi untuk kepentingan positif, kata Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri.

“Karena di balik kemajuan dan kemudahan yang ditawarkan, ada masalah besar yang muncul, yakni memungkinkan adanya pergeseran perilaku dan degradasi moral masyarakat,” kata dia di Bitung, Jumat (2/8).

Ia mengemukakan hal tersebut saat membuka seminar tentang literasi digital dan sosialisasi “world clean up day” Kota Bitung pada 2019.

Ia mengemukakan tentang pentingnya pemanfaatan produk kemajuan teknologi informasi secara tepat dan sehat.

“Ini bukan hanya apa atau bagaimana alat-alat teknologi informasi dan komunikasi, internet, media sosial itu digunakan, tetapi untuk apa? Itu yang terpenting,” kata Mantiri.

Ia menambahkan bahwa tidak bisa dimungkiri tentangi banyaknya keberadaan konten negatif yang merusak ekosistem digital saat ini.

Hal itu, kata dia, hanya bisa ditangkal dengan membangun kesadaran masing-masing individu.

“Seminar literasi digital ini adalah momentum yang sangat berharga sekaligus penting untuk dimanfaatkan guna mengedukasi dan membangun masyarakat, terlebih khusus bagi generasi milenial, sebagai penerus bangsa,” katanya.

Ia berharap, seminar literasi digital dapat memberi pengetahuan dan informasi tentang dampak negatif dan positif kemajuan teknologi digital saat ini.

“Hal ini akan terwujud dengan kolaborasi yang baik antartri pusat pendidikan, yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk saling mendukung, menguatkan, dan bersinergi sehingga gerakan cerdas bermedia akan terwujud,” katanya.

Hadir pada kesempatan itu, antara lain Kasubdit Literasi Digital Kementerian Kominfo RI Harry Hartono dan Kepala Dinas Kominfo Kota Bitung Frangky Sondakh. (ant/red)

You must be logged in to post a comment Login