Membongkar Modus Pembayaran Gaji Tenaga Kontrak di Dinas PMPTSP Minsel

Minsel,Sulutlink.com – Bupati DR (HC) Christiany Eugenia Paruntu,SE (CEP) dalam pesan moral melalui Whats App, telah wanti – wanti mengingatkan kepada seluruh kepala OPD dan jajarannya agar tidak menggunakan dana APBD, untuk kepentingan pribadi dan berhati – hati dalam bertindak serta semua harus sesuai aturan.

Mungkin merasa sebagai  “orang dalam” Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Minsel, Franky Pasla,SE justru mengabaikan pesan moral dari Bupati DR (HC) Christiany Eugenia Paruntu,SE tersebut.

Beredar kabar, di tahun 2017 silam di Dinas PMPTSP Minsel, terdapat tenaga kontrak  “Aspal (Asli tapi Palsu)” yang diduga tenaganya sebenarnya dipekerjakan pada kediaman pribadi Plt Kadis PMPTSP Minsel.

Bahkan berdasarkan informasi yang didapat oleh media sulutlink.com, dimana gaji dari tenaga kontrak “Aspal” tersebut, diduga dibayarkan pakai dana APBD.

Modusnya, nama dari tenaga kontrak “Aspal” tersebut, dimasukan sebagai salah satu dari tenaga kontrak di Dinas PMPTSP Minsel.

Plt. Kadis PMPTSP Minsel Franky Pasla,SE terlihat kaget saat ditanya dan berkilah, bahwa dirinya hanya sering meminta tolong menyuruh membersihkan kediaman pribadinya dan menyatakan yang bersangkutan masih masuk kantor seminggu sekali, tapi sekarang telah diberhentikan sebagai tenaga kontrak di Dinas PMPTSP Minsel.

Dia juga ditenggarai, telah mengalihkan Tugpoksi (tugas pokok dan fungsi) sejumlah tenaga kontrak Dinas PMPTSP Minsel, ke bisnis kantin/kafetaria yang duduga milik pribadinya.

Ini dibuktikan dengan pernyataan bahwa dirinya yang memberikan dana modal untuk kantin/kafetaria dan staf tenaga kontrak yang mengelolanya.

Dia berkilah, bahwa kegiatan kantin/cafeteria tersebut, adalah bagian dari SOP di Dinas PMPTSP Minsel, dalam upaya membuat nyaman pemohon saat datang mengurus ijin dan diduga itu hanya salah satu alasan dari argumentasi yang tanpa disertai aturan regulasi yang jelas.

Disisi lain Inspektorat Kabupaten Minsel Adrie Keintjem,SH saat dimintai konfirmasi menilai, tindakan dari Plt Kadis PMPTSP Minsel tersebut tidak sesuai aturan.(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login