Mengenal APBF Championship

Oleh : Bert Toar Polii

APBF adalah singkatan dari Asia Pacific Bridge Federation yang sebelumnya bernama Pacific Asia Bridge Federation. Ini adalah Federasi olahraga bridge yang menanungi National Bridge Federation yang menjadi anggotanya. Tapi awalnya berdiri bukan dengan nama APBF tapi dengan nama Far East Bridge Federation pada tahun 1957 sehingga lebih dikenal sebagai FEBF.
Kejuaraan pertama FEBF dimulai tahun 1957 di Manila dengan hanya mempertandingkan nomor open team. Indonesia sendiri mulai ikut tahun 1958 di Manila. Tahun 1963 di Taipei baru ditambah nomor Ladies Team. Senior team baru dipertandingkan tahun 2002 di Bangkok dan tahun ini di Singapura nanti akan bertambah nomor baru, yaitu Mixed Team
Perubahan dari FEBF menjadi PABF atau Pacific Asia Bridge Federation (PABF) terjadi terutama ketika World Bridge Federation (WBF) telah diakui sebagai anggota International Olympic Committee (IOC) sehingga organisasi bridge harus sesuai benua.
Awalnya WBF memang membagi dunia menjadi 8 zone dan tidak berdasarkan 5 benua.
8 zone itu adalah :
1. Eropa
2. Amerika
3. Amerika Selatan
4. Asia dan Timur Tengah
5. Amerika Tengah dan Karibia
6. Asia Timur Jauh
7. Pacifik Selatan
8. Afrika
Indonesia menjadi anggota Zone VI bersama Jepang, China, Hongkong, Makau, Taipei, Korea Selatan, Philippina, Malaysia, Mongolia, Singapura, Thailand dan Timor Leste.
Namun dalam pertandingan yang diselenggarakan oleh APBF setiap tahun, pada awalnya selain negara-negara dari Asia Timur Jauh yang menjadi anggota tetap ikut juga anggota tamu dari Asia dan Timur Tengah seperti India dan Pakistan serta anggota dari Pacifik Selatan, Australia dan Selandia Baru yang terdaftar sebagai peserta tamu.
Selanjutnya India dan Pakistan tidak ikut lagi tinggal Australia, Selandia Baru dan kadang-kadang ikut dari Kaledonia Baru.
Ketika kemudian berubah nama menjadi Asia Pacific Bridge Federation atau APBF maka pada tahun genap diadakan Kejuaraan yang dinamakan Asia Cup dimana boleh diikuti oleh semua negara di Asia termasuk Australia dan Selandia Baru. Asia Cup pertama diadakan tahun 2010 di Ning Bo, China
Tahun 2018, Asia Cup ketiga diadakan di Goa, India dan berlangsung 4 tahun sekali. Ditahun genap lainnya diadakan APBF Congress yang juga 4 tahun sekali. FEBF Congress pertama kali diadakan di Singapura pada tahun 1988. Tahun depan atau tahun 2020 merupakan penyelenggaraan APBF Congress ke 9. Khusus pada penyelenggaraan Congress tidak ditetapkan quota untuk peserta. Sebelum ada Asia Cup, pada tahun genap yang lowong tetap diadakan APBF Championship namun biasanya tidak semeriah tahun ganjil.
Mengapa? Karena pada tahun ganjil diadakan event khusus untuk memilih 3 wakil Zone VI yang akan mewakili mengikuti World Bridge Team Championships yang awalnya hanya mempertandingkan Bermuda Bowl, Venice Cup dan Senior Bowl kini ditambah nomor mixed team.
Bagaimana cara menentukan 3 wakil zone VI? Kejuaraan APBF yang menentukan wakil zone VI ke kejuaraan dunia dibagi dua babak. Babak Penyisihan dan Babak Knock out Zone VI. Juara babak penyisihan otomatis menjadi juara APBF sekaligus sebagai wakil pertama zone VI. Kecuali peserta tamu yang juara maka peringkat berikut dari zone VI yang menggantikan. Selanjutnya peringkat 2 melawan peringkat 3 dimana hasil dari tim tamu tidak masuk peringkat. Pemenang duel ini menjadi wakil yang kedua. Saat yang sama peringkat 4 akan berhadapan dengan peringkat 5. Pemenang pertarungan ini akan menghadapi regu yang kalah dalam pertarungan peringkat 2 vs 3. Kedua pertandingan ini berlangsung ff

Hal yang sama juga berlaku untuk APBF Youth Team Championship.
Dulu ketika hanya nomor Junior U26 yang dipertandingkan selalu bergabung dengan APBF Team Championships. Tapi kemudian bertambah Girls U26, Youngster U21 dan tahun ini bertambah Kids U16 maka APBF agak kesulitan menemukan negara yang bersedia menyelenggarakan kedua event secara bersamaan. 2013 dilaksanakan terpisah. 2015 dan 2017 mampu digelar bersama di Bangkok 2015 dan di Seoul pada tahun 2017. Tahun 2019 dilaksanakan terpisah, 23rd APBF Youth Team Championship di gelar di Bangkok pada tanggal 4-11 April 2019 sedangkan 2019 APBF Team Championship baru digelar tanggal 11-20 Juni 2019 di Singapura.
Kejuaraan di Bangkok sekaligus juga akan memilih wakil zone VI yang akan mengikuti 2020 World Youth Team Championship yang belum ditentukan tempatnya.
Berbeda dengan World Team Open Team Championship dimana zone VI hanya mendapat 3 quota maka untuk World Youth Team Championship Zone VI mendapat jatah 4 quota. Ini merupakan penghargaan WBF terhadap perkembangan pemain bridge di kalangan junior yang sangat pesat di kawasan ini terutama di China dan Indonesia. Sayang sekali Indonesia baru sukses di kuantitas belum sukses di kualitas. Semoga kedepan dengan adanya KPPTN prestasi bridge junior akan meningkat tajam.

You must be logged in to post a comment Login