Mengenal Competitive Bidding dari Robot di BBO

Oleh : Bert Toar Polii.

Banyak pemain BBO yang sedang keranjingan bermain menu “challenges” dimana sering dipelesetkan menjadi “celengan” saat ini. Bahkan saat ini sedang berlangsung turnamen bridge challange Baruna Nusantara yang sudah berlangsung tiga seri. Federasi Bridge Rumania juga ikut menggelar event yang sama di mana penulis ikut diundang sebagai peserta tamu dan sedang berlangsung seri kedua. Sayang memang challange belum menjadi nomor pertandingan resmi. Tetapi melihat antusiasme pemain mungkin saja kedepan bisa ditetapkan sebagai nomor pertandingan resmi.
Agar terasa manfaatnya, saya coba menggali sistim, konvensi dll yang digunakan oleh Robot di BBO karena setiap pemain yang ikut tidak akan berhadapan langsung dengan lawannya tapi beradu ketrampilan melawan 3 robot di satu meja.
Ada keuntungan dari menu baru ini, karena kita bisa bermain kapan saja setelah kita mengadakan tantangan bermain kepada siapa saja dan tantangan tersebut diterima. Hasilnya baru akan muncul setelah kedua pemain menyelesaikan seluruh papan. Kita bisa saja bermain berapa papan sesuai waktu kita yang tersedia.
Salah satu yang pasti akan muncul dan sering terjadi adalah Competitive bid. Robot mencantumkan competitive bid dimulai dengan overcall di level 1 adalah 5 kartu dengan 8-17 HCP atau 9-19 TP. Ada catatan lain bisa dengan 4 kartu bagus.
Apa yang dimaksud dengan TP?
TP adalah singkatan dari Total Point. Caranya menghitung adalah setiap lembar kelima dari satu suit ditambah 1 point demikian juga lembar keenam dan seterusnya.
Sebagai contoh :
S A K 9 8 7
H A K 10 8 6
D 4 2
C 4
Pegangan ini pegang 14 HCP tapi TP menjadi 16 karena tambah 2 point untuk lembar kelima spade dan heart.
Selanjutnya Robot mendasarkan competitive bid dengan Law of Total Trik yang intinya jumlah lembar kartu fit kita adalah jumlah trik yang bisa kita dapat. Ini berlaku jika pontnya terbagi agak merata di kedua lawan.
Jadi kalau kita punya 5-3 fit amannya main di level dua karena hanya dapat 8 trik. Kalau fit 5-4 maka bisa main di level tiga.
Take out double berlaku sampai 4H.
Negative double atau Responsive double berlaku sampai 3S.
Support double berlaku sampai 2H. Hanya ada catatan, Robot bisa melakukan support double dengan Kx.
Cappeletti terhadap lawan buka 1NT.
Lebenshol berlaku untuk pembukaan 1NT, Weak Two dan Opener melakukan reverse bid.
Contoh : 1C/D – 1S dan opener rebid 2H (reverse), Lebenshol berlaku buat responder.

You must be logged in to post a comment Login